Hot Topics » Pakistan Swat valley Sri Lanka conflict Abortion Barack Obama India Lausanne Movement

Vatikan Ucapkan Selamat Idul Fitri bagi Umat Muslim

Yohanes K.
Reporter Kristiani Pos

Posted: Sep. 08, 2010 16:20:03 WIB

Vatikan mengucapkan selamat Idul Fitri 1431 H kepada umat Islam di seluruh dunia.

Pesan Vatikan yang disebarluaskan lewat pesan elektronik ditandatangani oleh Ketua Dewan Kepausan Untuk Dialog Antaragama, Kardinal Jean-Louis Tauran dan Sekertaris Dewan Uskup Agung Pier Luigi Celata, berjudul "Umat Kristen dan Muslim Bersama mengatasi kekerasan di kalangan penganut agama yang berbeda."

Dalam pesannya, Dewan Kepausan untuk Dialog Antaragama menyampaikan ucapan selamat dari lubuk hati yang dalam dan doa semoga umat Islam di seluruh dunia dianugerahi kedamaian dan kegembiraan.

Vatikan menganggap umat Muslim adalah kaum beriman yang secara rohani dekat dengan umat Nasrani selama hari-hari belakangan ini, sebagaimana tampak dalam berbagai silaturahmi, yang bahkan sampai menjadi dialog antaragama.

"Bagi saya, tentu saja menggembirakan, jika pesan ini bisa menjadi sumbangsih positif bagi permenungan Anda," tulis Kardinal Jean-Louis Tauran.

Dewan kepausan menganggap upaya mengatasi kekerasan di kalangan penganut agama yang berbeda merupakan hal yang mendesak setidaknya di sejumlah kawasan di dunia.

Dalam Joint Committee for Dialogue (Komisi Bersama untuk Dialog) yang dibentuk oleh Dewan Kepausan dan Al-Azhar Permanent Committee for Dialogue Among the Monotheistic Religions (Komisi Tetap Al-Azhar untuk Dialog di antara Agama-Agama Monoteis) juga sudah memilih pokok masalah di atas sebagai bahan studi, refleksi, dan pertukaran dalam pertemuan tahunan terakhir mereka di Kairo, 23-24 Februari lampau.

Sumber: Rakyat Merdeka

Next Story : Tema Pesan Natal Bersama Antara PGI - KWI 2010

Terpopuler

Headlines Hari ini