Hot Topics » Pakistan Swat valley Sri Lanka conflict Abortion Barack Obama India Lausanne Movement

Unika Soegijapranata Bekali Pendidikan S2 dengan Humanitas, Etika dan Wawasan Global

Rosa H.
Reporter Kristiani Pos

Posted: Nov. 06, 2009 13:07:07 WIB
Unika-Soegijapranata-Bekali-Pendidikan-S2-dengan-Humanitas-Etika-dan-Wawasan-Global

Rektor UNIKA Soegijapranata Dr. Y. Bagus Wismanto, Sabtu (25/8) lalu mewisuda 477 wisudawan pada Wisuda Program Diploma, Sarjana dan Pascasarjana periode II tahun 2007. (Foto: unika.ac.id)

Perkembangan zaman dan iptek yang semakin cepat serta tingginya tingkat persaingan menuntut setiap orang untuk terus belajar dan meningkatkan kemampuannya serta kompetensi yang dimilikinya.

Pascasarjana Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata berusaha menjawab tantangan zaman dengan tiga konsep dasar, yaitu be intellectual, be professional, dan be critical, untuk melahirkan lulusan yang tidak hanya memiliki kemampuan keilmuan dan mampu bersaing di pasar kerja, tetapi juga dilengkapi dengan nilai-nilai humanitas, etika, dan berwawasan global.

Dr Rudyanto Soesilo MSA, Direktur Program Pascasarjana Unika Soegijapranata, menjelaskan, "Mahasiswa diberi bekal landasan filosofis agar dapat mengetahui keberadaan pascasarjana dalam konstelasi bangsa,” seperti dilansir oleh Kompas.

Mahasiswanya diberi rangsangan agar mau dan mampu bersaing di antara mereka sehingga menghasilkan karya yang terbaik melalui Best Thesis Award. Tesis terbaik dari masing-masing prodi akan diberi penghargaan dan dipertemukan dalam sebuah seminar. Unggulan di bidangnya

Pascasarjana Unika Soegijapranata juga mengakomodasi mahasiswa yang ingin bergelut di bidang keilmuaan ataupun yang ingin terjun di dunia profesional. Seperti misalnya, Program Magister Teknik Arsitektur, membuka kesempatan bagi mahasiswa yang ingin terjun ke bidang keilmuan melalui Magister Teknik Arsitektur, sedangkan yang ingin terjun ke dunia profesional dapat masuk ke Magister Profesi Teknik Arsitektur.

Tidak hanya berguna bagi keilmuan dan dunia kerja, Pascasarjana Unika juga berkontribusi di dalam kehidupan sehari-hari. Program Magister Teknologi Pangan berkontribusi dalam mengawasi mutu dan keamanan pangan, sedangkan Program Magister Lingkungan dan Perkotaan merancang tata kelola lingkungan perkotaan.

Lahir sejak tahun 2000, dengan berdirinya Magister Manajemen, Unika Soegijapranata memiliki enam program pascasarjana, yaitu Pascasarjana Manajemen (Magister Sains Manajemen dan Magister Manajemen), Magister Lingkungan dan Perkotaan, Magister Hukum (Konsentrasi Hukum Kesehatan dan Konsentrasi Advokat), Magister Psikologi (Magister Profesi Psikologi dan Magister Sains Psikologi), Magister Teknologi Pangan, dan Magister Teknik Arsitektur (Magister Teknik Arsitektur dan Magister Profesi Teknik Arsitektur).

Masing-masing Program memiliki keunggulan dan berwawasan global. Magister Manajemen sebagai program pascasarjana pertama di Unika telah melakukan kerjasama dengan berbagai pihak, seperti Association of South East Catholic Universities (ASEACU), Taiwan, Marquete University, Amerika Serikat, dan University of Serawak Malaysia (Unimas), Malaysia.

Magister Hukum yang memiliki dua konsentrasi keduanya merupakan konsentrasi yang pertama dibuka di Indonesia dan berkualitas. Lulusan Program Magister Hukum akan memiliki kompetensi menguasai teknik-teknik penanganan kasus atau perkara, mampu mengatur strategi penanganan kasus atau perkara, mampu menanggapi berbagai perkembangan baru di bidang hukum dan ilmu hukum, dan mampu mengomunikasikan ide-ide dan argumen-argumen, baik secara lisan maupun tulisan sesuai dengan konsentrasi yang diambil.

Next Story : Kardinal Tauran Imbau Para Intelektual Menyiapkan Diri Untuk Mengembangkan Dialog Antaragama

Terpopuler

Headlines Hari ini