Hot Topics » Pakistan Swat valley Sri Lanka conflict Abortion Barack Obama India Lausanne Movement

Massa Protes Ibadah Jemaat GKI

Yohanes K.
Reporter Kristiani Pos

Posted: Dec. 27, 2010 14:08:29 WIB
massa-protes-ibadah-jemaat-gki

Berusaha membubarkan ibadah

Jakarta - Sekelompok massa mengepung jemaah Gereja Kristen Indonesia (GKI) yang berada di Jalan KH Abdullah Binnuh, Kelurahan Curug Mekar, Bogor Barat. Massa mengepung jemaah yang saat itu sedang merayakan Hari Raya Natal.

"Kejadian sekitar 18.00 WIB sampai pukul 23.00 WIB tadi, tapi sekarang sudah membubarkan diri," ujar Anggota Komisi III DPR RI Eva Sundari kepada media, Sabtu (25/12/2010) malam.

Eva sendiri berada di lokasi saat peristiwa pengepungan sejumlah warga tersebut terjadi. Massa menolak kegiatan keagamaan yang dilakukan oleh jemaah GKI, di kawasan tersebut.

"Mereka berteriak agar jemaah yang sedang melakukan kajian bubar. Tapi ada petugas kepolisian dan satpol PP yang mengamankan sehingga tidak terjadi hal-hal yang lebih buruk lagi," terang Eva.

Menurut Eva, pengepungan tersebut berawal dari penolakan warga setempat untuk didirikannya gereja di kawasan itu. Namun pihak gereja sudah mengatongi izin mendirikan bangunan (IMB) untuk mendirikan gereja. Namun rupaya IMB tersebut digugat ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN).

"Di PTUN, GKI dimenangkan, sehingga pembangunan bisa dilanjutkan. Pihak yang kalah kemudian mengajukan Peninjauan Kembali (PK) tapi tiba-tiba pembangunan gereja disegel, padahal PK tidak menghapus eksekusi," terang politisi PDIP ini.

Buntut peristiwa pengepungan ini, Kapolres Bogor sudah diminta untuk bersikap netral. Pagi ini pun Kapolda Jawa Barat diagendakan hadir dilokasi untuk mencari titik temu terkait persoalan tersebut.

"Kapolres tadi sudah janji akan bersikap netral. Bahkan Kapolda Jawa Barat Minggu (26/12/2010) pagi juga akan datang ke lokasi," imbuhnya.

Sumber : detiknews

Next Story : Jemaat Gereja Yasmin Teruskan Ibadah di Trotoar

More news in church

PGI: Tak Ada Kemuliaan Sejati Diperoleh dengan Berpura-pura

"Tidak ada kemuliaan yang diperoleh secara instan. Tidak ada kemuliaan sejati diperoleh dengan berlaku seolah-olah dan berpura-pura," ujar Ketua Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) Pdt Dr Andreas A Yewangoe. ...

Terpopuler

Headlines Hari ini