Hot Topics » Pakistan Swat valley Sri Lanka conflict Abortion Barack Obama India Lausanne Movement

Interaktif

LWF Serukan Para Pemimpin Agama Tolak Islamophobia

Ethan Cole
Reporter Kristiani Pos

Posted: Jul. 07, 2009 16:29:19 WIB

Pemimpin Federasi Lutheran Sedunia menyerukan kepada para pemimpin agama dari seluruh dunia untuk mengingatkan kembali mengenai Islamophobia selama berlangsungnya sidang konferensi yang dipimpin presiden Kazakhstan.

Sekretaris umum LWF Rev Ishmael Noko menunjuk pada Presiden Barack Obama dan bagaimana dia menghindari menggunakan “perang menentang teror” bahasa dalam pidatonya kepada dunia Muslim, menurut Ecumenical News International.

Para pemimpin agama sepatutnya mencontoh Obama, tantang Noko, serta menentang Islamophobia.

Para pemimpin LWF Zimbabwe yang terdiri dari lebih dari 400 pemimpin agama di dunia dari sekitar 60 negara berkumpul bersama dalam acara Kongres ketiga Pemimpin Dunia dan Agama-Agama Tradisional Di Astana, ibu kota Kazakhstan. Pertemuan yang sama pertama kali diadakan pada 2003 atas inisiatif Presiden Kazakhstan Nursultan Nazarbayev. Kongres kedua digelar pada 2006.

Para pemimpin agama yang hadir berasal dari lingkungan agama-agama tradisonal dalam lingkup yang luas, meliputi agama Islam, Kristen, Budha, Yudaisme, Hindu, Tao, Shinto, Zoroastrianis. Selama 1-2 Juli pertemuan mereka mengumumkan kembali kata-kata Ekstrimis, terorisme dan bentuk lain kekerasan yang mengatasnamakan agama. Peserta pertemuan juga mendiskusikan mengenai bagaimana orang-orang dari agama yang berbeda dapat hidup bersama dengan damai.

“Semuanya ada di tangan kita untuk bagaimana kita mencoba dan memahami perbedaan antar agama dan berusaha untuk meminimalisasinya sedapat mungkin,” ujar Pimimpin Israel Shephardic Rabbi Shlomo Amar dalam kongres tersebut, sebagaimana dikutip oleh UzbekistanNews.net.

Presiden Kazakhstan Nazarbayev secara resmi membuka kongres tersebut pada Rabu lalu, dan menghimbau terciptanya dialog antara agama serta dunia bebas dari senjata nuklir.

Presiden Israel Shimon Peres, salah seorang penerima Nobel Peace Prize Laureate, sepakat dengan seruan Nazarbayev untuk mengakhiri senjata nuklir, ENI Melaporkan.

Pemimpin Kristiani lainnya yang hadir dalam Konferensi tersbeut meliputi Rev. Dr. Samuel Kobia, Sekeretaris Umum Dewan Gereja Dunia; Gereja Constantinople Orthodox Metropolitan France Emmanuel; Gereja Almaty Methodius Metropolitan Astana dan Gereja Ortodoks Rusia; serta Kardinal Joseph Tomco, presiden Konggregasi untuk Menyatakan Injil dari Vatikan.

Next Story : Tingkat Kelaparan Dunia Mencapai 1 Milyar Tertinggi Dalam Sejarah

Terpopuler

Headlines Hari ini