Hot Topics » Pakistan Swat valley Sri Lanka conflict Abortion Barack Obama India Lausanne Movement

Temanggung Rusuh, 3 Gereja di Rusak

Debora Rachel S.
Reporter Kristiani Pos

Posted: Feb. 09, 2011 08:07:49 WIB

Temanggung - Dua gereja dan satu sekolah Kristen "Graha Sakinah" di Temanggung menjadi sasaran amuk massa. Tak hanya membakar bangunan massa juga membakar enam motor dan tiga mobil yang ada di Gereja Pantekosta yang terletak di jalan S Parman, Temanggung ini.

Menurut salah satu saksi mata, Abas, pembakaran terjadi sekitar pukul 11.00. Massa yang beringas, kata Abas melempari gedung itu dengan bom molotov.

Hingga saat ini suasana kota Temanggung Jawa Tengah masih mencekam. Polisi tampak berjaga-jaga di sejumlah lokasi.

Kerusuhan ini berawal dari sidang dengan agenda pembacaan tuntutan terhadap terdakwa kasus penistaan agama, Antonius Richmond Bawengan.

Kasus yang menjerat warga asal Manado ini terjadi pada 3 Oktober 2010. Saat itu Antonius, yang menggunakan KTP Kebon Jeruk, Jakarta Barat, menginap di tempat saudaranya di Dusun Kenalan, Desa/Kecamatan Kranggan, Temanggung. Waktu sehari itu ia gunakan untuk membagikan buku dan selebaran berisi tulisan yang dianggap menghina umat Islam. Karena itu, sejak 26 Oktober 2010, ia ditahan.

Sejak sebelum sidang digelar massa dari kelompok tertentu sejak pagi tadi mulai terlihat di jalur lambat depan PN Temanggung.

sumber : tempointeraktif

Next Story : Presiden Kecam Perusakan Gereja di Temanggung

More news in society

PGI Sebut Insiden Penyerangan Ahmadiyah Tragedi Kemanusiaan

Jakarta - Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) menyesalkan aksi penyerangan terhadap jamaah Ahmadiyah di Cikeusik, Pandeglang, Banten. Sekjen PGI Gomar Gultom mengatakan, penyerangan yang menewaskan 3 jamaah Ahmadiyah sebagai tragedi ...

Terpopuler

Headlines Hari ini