Hot Topics » Pakistan Swat valley Sri Lanka conflict Abortion Barack Obama India Lausanne Movement

Pendeta Ciptakan Aplikasi Misa untuk iPad

Mathea N.
Reporter Kristiani Pos

Posted: Jul. 23, 2010 15:30:59 WIB

Seorang pendeta Italia berhasil mengembangkan sebuah aplikasi yang akan memungkinkan para pendeta mengadakan misa dengan dilengkapi iPad di atas altar, ketimbang buku misa tradisional berbahasa romawi.

Pendeta Paolo Padrini, seorang konsultan Dewan Kepausan Vatikan untuk Komunikasi Sosial, mengatakan jika aplikasi gratis ini akan diluncurkan pada bulan Juli dalam bahasa Inggris, Prancis, Spanyol, Italia dan Latin.

Padrini juga merupakan orang yang sebelumnya telah mengembangkan iBreviary, sebuah aplikasi buku doa-doa sehari-hari yang digunakan oleh para imam untuk ditampilkan di iPhone.

"Saat ini, sekitar 200.000 orang telah mengunduh aplikasi tersebut," kata Padrini.

Aplikasi iPad mirip dengan buku tata perayaan misa lengkap, yang berisi semua yang dikatakan dan dinyanyikan dalam misa sepanjang tahun liturgi. Pengembangannya diharapkan akan menyematkan fitur audio serta komentar-komentar dan saran untuk umat, yang dilengkapi iringan musik.

"Kitab misa dalam bentuk buku tradisional tidak akan hilang dan akan tetap digunakan," katanya dalam wawancara telepon dari rumahnya di paroki Tortona, di wilayah utara Piemonte Italia.

Tetapi pada saat yang sama, ujarnya, kita tidak harus mendukung jika ada sebuah instrumen seperti iPad yang digunakan dalam mendukung kegiatan doa.

Pendeta berusia 36 tahun itu juga mengatakan dia mengharapkan imam yang harus melakukan perjalanan banyak pekerjaan akan menemukan aplikasi paling berguna. Ia mencontohkan, baru-baru ini ia merayakan misa di sebuah paroki kecil di mana buku tata perayaan misa itu hanyalah berbentuk sebuah buku kecil, agak kotor dan tua.

"Kalau saya punya iPad, akan lebih baik jika saya menggunakannya daripada buku yang tua dan kecil ini," katanya.

Paus Benediktus XVI, pencinta musik klasik yang konon memiliki sebuah iPod, tahun 2006 telah berusaha menjangkau orang muda melalui media baru: Vatikan telah secara regular menghadirkan layanan doa melalui YouTube dan Facebook. Berdasarkan keberhasilan iBreviary itu, Pendeta Padrini direkrut oleh Vatikan untuk mengawasi program dalam media baru bertajuk www.pope2you.net.

Dia menekankan bahwa aplikasi iPad, seperti iBreviary itu, diluncurkan atas dorongan sendiri, dengan uang sendiri, dan bukan merupakan inisiatif resmi Vatikan. Pejabat Vatikan, sebelumnya, telah memuji iBreviary sebagai cara baru untuk menyebarkan pesan Yesus kepada dunia.

Next Story : Hamba Tuhan Serukan Pencabutan Peraturan Bersama

More news in church

KWI Setuju Peraturan Perber Rumah Ibadah Jadi UU

Sekretaris Jenderal Konferensi Waligereja Indonesia Benny Susetyo mengatakan Peraturan Bersama Dua Menteri mengenai pembangunan tempat ibadah tidak menjadi masalah apabila dijadikan undang-undang. ...

Terpopuler

Headlines Hari ini