WHO Rilis Statistik Penyakit Kanker, Butuh Tindakan Segera

Sign Up for Free eNewsletter ››
  • ((Foto: World Health Organization Facebook))
    World Cancer Report 2014, 4 Feb 2014.
1/1
By Rosalya, Christian Post Reporter
February 04, 2014| 08:02 pm

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merilis laporan terbaru mengenai tingkat kanker di seluruh dunia, peringatan ini akan menjadi bencana manusia kecuali ada upaya mendesak.

Laporan ini, berdasarkan statistik terbaru tentang pengaruh kanker dan kematian di seluruh dunia, "mengungkapkan bagaimana kanker tumbuh pada kecepatan yang mengkhawatirkan dan menekankan perlunya segera dilakukan strategi pencegahan yang efisien untuk membatasi penyakit ini," menurut pers release.

Dr Bernard Stewart dari University of New South Wales di Australia, salah satu editor dari laporan tersebut, mencatat bahwa pencegahan memiliki "peran penting dalam memerangi kanker yang kita lihat berkembang di dunia," menurut BBC News .

The World Report Cancer 2014 yang dirilis pada Selasa memperingatkan bahwa tingkat kanker diperkirakan akan meningkat secara signifikan dalam 20 tahun ke depan, dengan kasus baru meningkat dari14 juta pada tahun 2012 menjadi 22 juta per tahun dalam dua dekade. Kecuali tingkat pencegahan membaik, kematian akibat kanker juga diperkirakan meningkat dari 8,2 juta per tahun hingga 13 juta.

"Munculnya kanker di seluruh dunia merupakan hambatan utama bagi pertumbuhan dan kesejahteraan manusia. Angka-angka dan proyeksi terbaru mengirim sinyal kuat bahwa diperlukan tindakan sesegera mungkin untuk menghadapi bencana ini bagi seluruh masyarakat di seluruh dunia tanpa terkecuali," kata Dr . Christopher Wild, Direktur Badan Internasional untuk Penelitian Kanker.

Dr Wild menambahkan bahwa meskipun kemajuan dalam bidang penelitian kanker, pengobatan saja tidak akan cukup untuk mengatasi masalah yang besar ini. Ia bersikeras bahwa pencegahan dan deteksi dini yang paling dibutuhkan untuk mengatasi peningkatan kasus kanker di seluruh dunia.

Follow us Get CP eNewsletter ››

Enam puluh persen dari kasus baru di dunia kanker terjadi di negara-negara ketiga dunia - Afrika dan Asia, serta Amerika Tengah dan Selatan - dimana terdapat kurangnya deteksi dini dan akses terhadap pengobatan.

Laporan ini juga mengidentifikasi kanker yang paling umum didiagnosis di seluruh dunia pada tahun 2012; kanker paru-paru (13 persen), kanker payudara (11,9 persen) dan kanker usus besar (9,7 persen).

Dr Stewart mencatat dalam siaran pers bahwa undang-undang juga merupakan faktor yang sangat penting ketika memerangi tingkat kanker.

"Undang-undang yang memadai dapat mendorong perilaku sehat dan dapat melindungi orang dari bahaya di tempat kerja dan polusi lingkungan," Stewart menekankan.

"Di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah sangat penting bagi pemerintahnya berkomitmen untuk menegakkan langkah-langkah pengaturan untuk melindungi populasi mereka dan melaksanakan rencana pencegahan kanker."

WHO mencatat bahwa 30 persen kematian akibat kanker disebabkan oleh faktor-faktor seperti indeks gumpalan yang tinggi pada tubuh, kandungan buah dan sayuran yang rendah, kurangnya aktivitas fisik, penggunaan tembakau dan alkohol.

"Sehubungan dengan alkohol, misalnya kita semua menyadari efek akut dari kencanduan, tapi ada penyakit yang tidak dibicarakan karena tidak disadari, khususnya kanker," kata Stewart.

 
Advertisement
comments powered by Disqus