Hot Topics » Pakistan Swat valley Sri Lanka conflict Abortion Barack Obama India Lausanne Movement
Home > Asia > Asia

Srilanka Bebaskan Hampir 600 Rohaniwan

Ariza Samuel
Reporter Kristiani Pos

Posted: Aug. 30, 2009 05:14:09 WIB

Sri Lanka hari Rabu membebaskan hampir 600 pendeta Hindu dan Katolik yang ditahan di kamp-kamp bersama penduduk etnik Tamil yang terlantar akibat perang antara pasukan dan gerilyawan separatis, kata sejumlah pejabat.

Para rohaniwan itu diizinkan meninggalkan kamp-kamp di distrik Vavuniya, Sri Lanka utara tempat 300.000 orang yang masih ditahan dengan pengamanan ketat akan disaring untuk mencari sisa-sisa pemberontak Macan Tamil. "Kami mengambil langkah-langkah untuk membebaskan para rohaniwan yang masih ada secepat mungkin," kata P.S. Charles, pegawai sipil senior di daerah itu, seperti diberitakan AFP.

Sebanyak 571 rohaniwan Hindu, enam pendeta Katolik dan dua biarawati dibebaskan, kata pegawai perempuan itu, dengan menambahkan bahwa 220 orang lagi masih berada di kamp-kamp tersebut.

Kelompok-kelompok hak asasi manusia lokal dan internasional telah mengungkapkan kaprihatinan atas nasib warga sipil yang ditahan di pusat-pusat penahanan yang padat, yang secara resmi disebut "desa keselamatan".

Lebih dari 70.000 orang tewas dalam konflik separatis panjang di Sri Lanka sejak 1972.

Sekitar 15.000 pemberontak Tamil memerangi pemerintah Sri Lanka dalam konflik etnik itu dalam upaya mendirikan sebuah negara Tamil merdeka. Masyarakat Tamil mencapai sekitar 18 persen dari penduduk Sri Lanka yang berjumlah 19,2 juta orang dan mereka terpusat di provinsi-provinsi utara dan timur yang dikuasai pemberontak.

Next Story : Pameran Gulungan Laut Mati Dibuka di Singapura

Terpopuler

Headlines Hari ini