Hot Topics » Pakistan Swat valley Sri Lanka conflict Abortion Barack Obama India Lausanne Movement

Tubuh Ekumenis Global Adakan Sidang Umum Berikutnya di Korea Selatan

Maria Mackay
Reporter Christian Today

Posted: Sep. 01, 2009 14:47:25 WIB

Komite Pusat Dewan Gereja-gereja se-Dunia sepakat mengadakan Sidang Umum di Busan, Korea Selatan, pada tahun 2013.

Setelah berjam-jam musyawarah, pemungutan suara final dilakukan lebih dari seratus anggota Komite Pusat dalam pemungutan suara rahasia.

Kota Busan berada di urutan atas dengan 70 suara, diikuti oleh Damaskus di Suriah dengan 59 suara. Tidak ada abstain.

Dua pesaing lain, Rhodes di Yunani, dan Adis Ababa, Ethiopia, gagal dalam pertemuan awal Komite Pusat.

Dinyatakan bahwa konteks gereja Korea konteks "memegang kemungkinan WCC dapat berhubungan dengan dinamitas dan spiritualitas gereja-gereja baru dari Injili dan Pantekosta, serta kemungkinan untuk menyaksikan rekonsiliasi dan reunifikasi Korea."

Pemungutan suara itu dipandang sebagai sebuah kemenangan besar bagi gereja-gereja di Korea Selatan, setelah teolog Korea Selatan Pendeta Dr Park Seong gagal dalam persaingan menjadi Sekretaris Jenderal WCC yang baru.

Diperkirakan sekitar 7.000 orang Kristen dari seluruh gerakan ekumenis global akan berkumpul untuk menghadiri Sidang Umum tersebut.

Sidang Umum terakhir diadakan di Porto Alegre, Brasil pada tahun 2006. WCC adalah persekutuan ekumenis yang terdiri dari 349 gereja Protestan, Ortodoks, Anglikan dan gereja-gereja lain yang mewakili lebih dari 560 juta orang Kristen di lebih dari 110 negara.

Next Story : Vatikan Mengajak Umat Muslim Perangi Kemiskinan Bersama

More news in church

Gugatan HKBP Bandung Riau Dikabulkan Pengadilan

PN Bandung kabulkan gugatan perdata jemaat Huria Kristen Batak Protestan Resor Bandung Riau atas tiga pendeta yaitu pimpinan HKBP Bandung Riau Martadinata Pdt Lundu HM Simanjuntak, pimpinan HKBP Distrik XVIII Jabar-Jateng-DIY Pdt Janter Tampubolon, ...

Terpopuler

Headlines Hari ini