Hot Topics » Pakistan Swat valley Sri Lanka conflict Abortion Barack Obama India Lausanne Movement

Umat Katolik Himpun Kolekte Bagi Gempa Sumbar

Rosa H.
Reporter Kristiani Pos

Posted: Oct. 04, 2009 16:12:11 WIB
Umat-Katolik-Himpun-Kolekte-Bagi-Gempa-Sumbar

Evakuasi korban gempa di Hotel Ambacang, Padang, Sumbar. Diperkirakan ratusan orang masih tertimbun reruntuan bangunan hotel. (Foto: Detik)

Manado – Umat Katolik Keuskupan Manado persembakan seluruh kolekte pada hari Minggu ini untuk membantu korban bencana gempa Sumatera Barat (Sumbar).

Kolekte misa gereja se- Keuskupan Manado yang meliputi wilayah Sulut, Gorontalo, dan Sulteng tersebut kemudian akan disalurkan kepada korban gempa Sumbar,”ujar Uskup Manado Yos Suwatan MSC di Manado seperti dikutip Antara, Minggu (4/10).

Uskup Suwatan mengatakan, umat Katolik secara pribadi juga sudah diimbau agar memberikan bantuan secara maksimal kepada sesama di Sumbar.

Pemberian bantuan itu, kata Uskup Suwatan, merupakan rasa solidaritas umat Katolik kepada sesama yang mengalami kesulitan menyusul gempa dahsyat yang meluluhlantakkan Sumatera Barat.

"Apa yang dialami masyarakat Sumbar menimbulkan keprihatinan yang mendalam, karena bukan hanya menimbulkan kerugian materi, tapi menelan korban jiwa banyak," tukasnya.

"Berapa pun nilai pemberian pribadi sangat berharga bagi masyarakat yang sedang ditimpa kesusahan. Untuk itu marilah kita bersama-sama meringankan beban mereka yang tengah terkena duka nestapa," kata Uskup Suwatan.

Pastor Paroki Kristus Raja Kembes, Novi Tuju MSC mengatakan, bantuan tersebut datang dari hati yang tulus melihat betapa besar kesulitan yang dialami masyarakat Sumbar dan sekitarnya menyusul bencana gempa tak terduga.

"Ajaran gereja tentang kasih menjadi dasar kepedulian umat Katolik membantu siapa saja yang sedang menderita, berkesusahan, dan berduka," kata Pastor Novi.

Untuk itu, semua kolekte baik yang terhimpun melalui perayaan ekaristi dalam misa di semua gereja maupun kolekte ibadat umat dan kelompok kategorial akan diteruskan ke Sumbar.

Umat Katolik Keuskupan Manado menyatakan turut berduka dan menyampaikan rasa prihatin mendalam terhadap para korban, dan mohon kepada Tuhan agar masyarakat Sumbar dan sekitarnya selalu diberi ketabahan menghadapi peristiwa bencana tersebut.

Next Story : Tokoh Lintas Agama: Perda "Qanun" Aceh Bertentangan Dengan HAM

Terpopuler

Headlines Hari ini