Hot Topics » Pakistan Swat valley Sri Lanka conflict Abortion Barack Obama India Lausanne Movement

Vatikan Perkuat Aturan Larangan Pelecehan Seksual

Mathea N.
Reporter Kristiani Pos

Posted: Jul. 21, 2010 07:14:26 WIB

Vatikan telah mengeluarkan peraturan baru yang ditujukan untuk mengenyahkan para pastor yang dituduh melakukan pelecehan seksual.

Aturan baru itu yang diumumkan hari Kamis akan mempermudah tindakan 'pendisiplinan' bagi para pastor yang sudah melakukan tindakan pelecehan seksual terhadap anak-anak, seperti diberitakan VOA.

Revisi ini memperpanjang tenggat pengajuan gugatan terhadap pelanggaran terkait kependetaan dari 10 tahun menjadi sedikitnya 20 tahun, setelah anak yang menjadi korban berusia 18 tahun.

Peraturan itu juga memperjelas bahwa pelecehan terhadap orang dewasa yang memiliki keterbelakangan mental dianggap sebagai pelanggaran yang sama seriusnya dengan pelecehan terhadap anak-anak. Vatikan juga menyebutkan bahwa memiliki, dan atau menyebarkan pornografi anak-anak juga termasuk sebuah pelanggaran berat.

Perubahan larangan pelecehan seksual itu memutakhirkan peraturan-peraturan Vatikan yang dibuat pada tahun 2001. Aturan baru ini merupakan dokumen penting pertama yang dikeluarkan Vatikan sejak skandal pelecehan seksual oleh pastor menguat tahun ini, sementara ratusan kasus baru lainnya telah diajukan.

Next Story : Muslim Lobi untuk Sembahyang di Katedral Kordoba

Terpopuler

Headlines Hari ini