Hot Topics » Pakistan Swat valley Sri Lanka conflict Abortion Barack Obama India Lausanne Movement

Ribuan Protes Salib di Istana Kepresidenan Polandia

Aaron J. Leichman
Koresponden Kristiani Pos

Posted: Aug. 13, 2010 14:15:22 WIB
ribuan-protes-salib-di-istana-kepresidenan-polandia

Demonstran menuntut sebuah salib Katolik dipindahkan dari istana kepresidenan dalam sebuah aksi di Warsawa, Polandia, Senin, 9 Agustus 2010. (Foto: AP Images / Czarek Sokolowski)

Ribuan demonstran berkumpul di luar istana Kepresidenan Polandia di Warsawa Senin malam untuk mengikuti reli menentang salib peringatan yang didirikan disana untuk memperingati mantan presiden, Lech Kaczynski, yang meninggal dalam sebuah kecelakaan pesawat empat bulan lalu.

Sementara itu sekitar 100 pendukung salib peringatan itu berdoa dan menyanyikan lagu-lagu rohani di seberang jalan, meminta salib tersebut tetap berdiri sebagai peringatan bagi Kaczynski dan 95 korban lain di kecelakaan 10 April lalu di Rusia.

"Kami akan membela salib secara pasif dengan doa," kata Mariusz Bulski dari gerakan Pembela Salib ke Radio Polskie yang berbasis di Warsawa.

Sementara itu Dominik Taras dari oposisi Aksi Salib, mengatakan demonstran ingin salib itu dipindahkan dari Istana Kepresidenan ke gereja St. Anne di dekat istana, yang menurutnya "lebih pantas."

Meski salib itu diperdebatkan beberapa waktu lamanya, namun "perang salib" memuncak saat presiden terpilih baru-baru ini Bronislaw Komorowski memerintahkan salib itu dipindahkan dari lapangan Istana Kepresidenan.

Minggu lalu, pihak berwenang Polandia datang ke lapangan untuk memindahkan salib kayu itu tapi memutuskan untuk berhenti setelah ratusan demonstran muncul memprotes pemindahan tersebut.

Meski ada perubahan rencana, Presiden Komorowski, yang mengalahkan saudara kembar Kaczynski dalam pemilihan presiden bulan lalu, tetap ingin salib itu dipindahkan ke gereja St. Anne, mempertahankan kalau Istana Kepresidenan adalah simbol kekuatan sekular.

Namun, umat Katolik Polandia yang taat terpecah-belah, menurut berbagai survei yang menggambarkan konflik-konflik yang ada.

Menurut Reuters, satu survei menunjukkan 71 persen warga Polandia ingin salib peringatan dipindahkan, tapi survei lain mendapatkan 57 persen ingin salib itu tetap berdiri disana sampai ada monumen permanen.

Katolik Roma mencapai 89.9 persen populasi Polandia - 75 persen aktif, menurut CIA World Factbook. Sementara itu, Ortodoks Timur dan Protestan mencapai 1.3 persen dan 0.3 persen dari populasi. Sekitar 0.3 persen dikategorikan sebagai "lain-lain dan sisa 8.3 persen "belum terspesifikasi."

Meski protes Senin malam kemarin memanas, namun diakhiri dengan damai saat demonstran mulai beranjak sekitar 30 menit setelah tengah malam. Seorang juru bicara polisi mengatakan pada Radio Polskie kalau enam orang dikirim ke "tank pengamanan " - salah satunya ditangkap setelah mengancam seorang wartawan dan dua diantaranya menghina petugas polisi.

Next Story : Muslim Lobi untuk Sembahyang di Katedral Kordoba

Terpopuler

Headlines Hari ini