Hot Topics » Pakistan Swat valley Sri Lanka conflict Abortion Barack Obama India Lausanne Movement

Moderator WCC Ekspresikan Solidaritas dengan GKI Taman Yasmin

World Council of Churches

Posted: Oct. 12, 2011 11:25:00 WIB
moderator-wcc-ekspresikan-solidaritas-dengan-gki-taman-yasmin

Pdt. Dr Walter Altmann berdoa bersama-sama dengan pemimpin GKI Taman Yasmin. (Foto: Winny Malo / PGI)

Selama kunjungannya ke Indonesia, moderator Komite Sentral dari Dewan Gereja Dunia (WCC), Pendeta Dr Walter Altmann membawa solidaritas persekutuan gereja-gereja anggota WCC di seluruh dunia kepada para anggota Gereja Kristen Indonesia (GKI) Taman Yasmin di Bogor, Jawa Barat yang kegiatan ibadahnya dibatasi.

GKI Taman Yasmin tidak diperbolehkan beribadah di tempat mereka dan dilarang melanjutkan pembangunan lebih lanjut bangunan gereja mereka, meski mereka memiliki hak konstitusional untuk melaksanakan ibadah.

Hak ini telah diakui di semua tingkat banding termasuk Mahkamah Agung. Karena itu, jemaat berkumpul untuk beribadah di jalan di depan gedung gereja. Namun, pertemuan ini juga dilarang oleh pihak berwajib setempat, dan jemaat yang berkumpul untuk beribadah pada hari Minggu lalu dibubarkan oleh polisi.

Saat mengunjungi tempat itu, Altmann, yang berasal dari Gereja Injili Pengakuan Lutheran di Brasil, menyatakan: "Kunjungan solidaritas saya ke GKI Taman Yasmin merupakan bagian dari komitmen tanpa kompromi WCC untuk menghormati penuh keyakinan agama dan praktek-praktek iman, terutama ibadah, dari semua agama."

"Kami menentang dan akan menentang setiap tindakan hukum atau tindakan administratif yang mungkin membatasi hak kaum Muslim untuk mempraktekkan iman mereka di negara-negara Barat. Dan kita melihat ke Indonesia sebagai model pluralisme agama di mana hubungan saling menghormati dan kerjasama antara Kristiani dan Muslim dapat dipupuk," katanya.

"Dalam kasus ini," Altmann melanjutkan, "adalah harapan kami bahwa larangan ibadah Gereja Taman Yasmin akan dicabut atas dasar dialog yang damai. Kami juga meminta kepada pemerintah daerah, serta pemerintah pusat Republik Indonesia, untuk melaksanakan tanpa penundaan dan tanpa pembatasan keputusan Mahkamah Agung. Kami juga menyerukan solidaritas gereja-gereja di seluruh dunia."

Altmann mengunjungi Indonesia dari 2-11 Oktober 2011, untuk berpartisipasi dalam pertemuan kedua dari Forum Kristen Global (Global Christian Forum), yang berlangsung di Manado, Sulawesi Utara. Ia juga bertemu dengan gereja-gereja di Jakarta dalam kunjungan yang diselenggarakan oleh Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI).

Next Story : Carilah Kekudusan dan Berkah akan Mengikuti, kata Penginjil

Terpopuler

Headlines Hari ini