Hot Topics » Pakistan Swat valley Sri Lanka conflict Abortion Barack Obama India Lausanne Movement

Carilah Kekudusan dan Berkah akan Mengikuti, kata Penginjil

Edmond Chua
Koresponden Kristiani Pos

Posted: Oct. 18, 2011 16:19:49 WIB
carilah-kekudusan-dan-berkah-akan-mengikuti-kata-penginjil

Philip Mantofa. (Foto: Singapore Christian Post)

Jangan hanya minta berkat kepada Tuhan, karena berkat murah. Sebaliknya, carilah kekudusan dan berkat akan mengikuti.

Itulah saran penginjil Indonesia Philip Mantofa kepada lebih dari 200 orang Kristiani dari sekitar 45 gereja dan 27 negara di Katedral Bethesda Singapura bulan lalu.

Pada kerumunan yang sebagian besar terdiri dari anak muda, ia mendesak mereka untuk mencari berkah "yang memberkati Tuhan," dan kekudusanlah berkat semacam itu.

Selama khotbahnya, didasarkan pada 2 Raja-raja 2:2-10, dia berbagi bagaimana sebagai seorang Kristen muda ia meminta Roh Kudus untuk membantunya memahami menjelaskan bagaimana Elisa berhasil meneruskan nabi Elia.

Seringkali, jubah Elia ditekankan sebagai alasan Elisa dapat meneruskan nabi Elia.

Jika seperti itu, orang Kristiani memiliki alasan untuk mencari orang-orang saleh untuk menempatkan tangan di atas mereka dalam doa.

Roh Kudus menunjukkan Pendeta Mantofa bahwa penekanan dalam bagian ini adalah bagaimana Elisa mengikuti Elia kemana pun ia pergi. Elisa melihat bagaimana Elia berjalan dengan Allah melalui rasa sakit, perubahan, ejekan, dan hilangnya reputasi yang dilambangkan oleh empat tempat.

Gilgal mengingatkan akan sunat laki-laki Israel pada zaman Yosua. Betel mengingatkan akan Yakub lari dari rumahnya, meninggalkan kehidupan lamanya.

Yerikho mengingatkan akan ejekan kepada prajurit Yosua saat mereka mengelilingi kota. Sungai Yordan mengingatkan akan Naaman yang mempertaruhkan reputasinya mengikuti petunjuk dari seseorang dari negeri musuh.

Mantofa mengatakan dia 'tergerak' ​​untuk mempelajari banyak kehidupan orang-orang saleh.

Awalnya, ia akan meminta Allah untuk memberinya hadiah yang sama, seperti menyembuhkan atau meningkatkan orang mati. Tapi Tuhan menunjukkan kepadanya dalam mimpi bahwa kekudusan saja yang diperlukan untuk dapat digunakan oleh-Nya.

Sejak saat itu, ia tidak lagi tertarik pada keajaiban dan imbalan duniawi. Sebaliknya, ia mulai bertanya kepada Tuhan bagaimana ia bisa hidup kudus. Ketika ia mempelajari kehidupan orang-orang saleh dalam Alkitab dan biografi, ia akan mencari prinsip-prinsip kehidupan yang saleh dan suci.

Yesus adalah yang terpenting, tegasnya.

Mantofa menyadari bahwa kebangunan rohani dimulai ketika "seseorang penuh dengan Allah."

"Ketika seseorang penuh dari Allah, segera tempat itu akan dipenuhi orang," katanya.

Saat menyadari kebenaran Allah, hidup Mantofa berbalik menuju kesucian. Pada usia 18, dia bertobat dari kecanduan pornografi dan kekerasan yang ia miliki sejak kecil.

Ia menjadi seseorang yang bersedia untuk menyenangkan Allah bahkan jika harus mempertaruhkan popularitas, reputasi atau kenyamanan. Apalagi, penderitaan orang Kristiani lebih dari penganiayaan. Ini termasuk penderitaan yang datang melalui pertempuran melawan kebiasaan daging.

Pada tahun 1999, saat transit dari perjalanan pelayanan dan bisnis, ia tidak punya pilihan akomodasi lain kecuali di sebuah hotel yang menyarankan kehidupan malam.

Dia bertanya kepada Tuhan jika Dia percaya bahwa dia tidak akan berdosa terhadap-Nya jika ia tinggal di hotel. Allah menjawab bahwa Dia percaya bahkan sebelum dia percaya pada dirinya sendiri dan sebelum ia percaya kepada-Nya. Ketika ia menelepon istrinya, istrinya mengatakan bahwa ia percaya dan mendorong dia untuk tinggal di hotel.

Cinta yang ia rasakan dari Allah dan istrinya membuat dia memutuskan untuk tidak menginap di hotel tapi tidur di bandara. Dia merasa bahwa dia tidak bisa terlalu berhati-hati dalam hal kesucian seksual.

Kemudian hari itu, katanya, Yesus menampakkan diri kepadanya. Tuhan mengatakan kepadanya Dia akan menggunakan dia, karena dia telah setia dalam hal-hal kecil. Tuhan memuji dia karena tidak ingin menguji pengampunan-Nya, tetapi hanya menginginkan untuk menyenangkan-Nya, dan tentang perasaan-Nya sebagai hal yang paling penting.

Sejak itu, dalam satu dekade terakhir, Mantofa telah menuntun lebih dari 100.000 orang muda ke Kristus.

Dan rahasianya tetap tidak berubah.

"Saya tidak pernah punya hal-hal besar dan luar biasa melalui cara lain, selain kekudusan," katanya.

Acara di mana ia berbicara diselenggarakan oleh Y: TransformNations, sebuah platform yang berfokus untuk peningkatan generasi berikutnya dalam iman.

Next Story : Mesir Keluarkan Keputusan Melarang Diskriminasi

More news in pendidikan

Pembangunan Gereja di Cirebon Diprotes Warga

Ratusan warga di Kelurahan/Kecamatan Pekalipan, Kota Cirebon, menolak pembangunan Gereja Bethel Indonesia (GBI) Pekiringan dan kegiatan kebaktian yang dilaksanakan jemaat di gereja tersebut, Minggu.

Terpopuler

Headlines Hari ini