Hot Topics » Pakistan Swat valley Sri Lanka conflict Abortion Barack Obama India Lausanne Movement

Romo Benny Kecam Pembakaran Alquran

Yohanes K.
Reporter Kristiani Pos

Posted: Aug. 23, 2010 05:48:20 WIB

Romo Antonius Benny Susetyo dari Konferensi Waligereja Indonesia mengecam aksi rencana Dove World Outreach Center, sebuah gereja perjanjian baru non-denominasi di Gainesville, Florida, AS, yang menggagas hari pembakaran Alquran, pada 11 September mendatang.

"Kami jelas mengecam aksi provokatif itu. Sebetulnya gerakan tersebut muncul dari golongan yang kecil. Pengikutnya tak lebih dari seratus orang, mereka adalah golongan yang mencari sensasi," ujar Romo Benny.

Benny mengatakan, Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) sudah mengeluarkan surat khusus yang intinya menentang rencana gila kelompok yang berpotensi menimbulkan konflik antar agama tersebut. "Kami KWI sudah mengirimkan surat khusus mengecam rencana ini. Selain ditentang, mereka juga sebetulnya sudah dikecam gereja-gereja di dunia," ujarnya.

Selain mengecam, Romo Benny juga mengingatkan bangsa Indonesia agar tidak mudah terpancing provokasi isyu tersebut. Ia menilai, persoalan berbangsa dan bernegara yang tak kunjung habis di negeri ini seharusnya menjadi pokok pikiran yang jauh lebih penting untuk dipikirkan ketimbang menggubris orang-orang yang akan merasa senang jika direspon tersebut.

"Energi bangsa kita seharusnya tidak terbuang percuma lantaran terpancing dengan permasalahan seperti ini. Seharusnya kita lebih memikirkan bagaimana membangun keadaban, sehingga umat beragama tidak mudah terpancing, terprovokasi isyu luar. Masih ada masalah besar bangsa yang seharusnya lebih diperhatikan. Jangan sampai problem agama yang hanya disulut segelintir orang malah menjadi sumber konflik," ujarnya.

Next Story : Konferensi Tranformasi Asia Pasifik akan digelar di Jakarta

More news in ministries

FPI akan Temui KWI dan PGI

Front Pembela Islam (FPI) bersedia menemui Komisi Waligereja Indonesia (KWI) dan Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) untuk berdialog membahas langkah antisipatif terhadap rencana pembakaran Alquran pada 11 September. ...

Terpopuler

Headlines Hari ini