Hot Topics » Pakistan Swat valley Sri Lanka conflict Abortion Barack Obama India Lausanne Movement

Komunitas Lintas Agama Dirikan Posko Mudik

Debora Rachel S.
Reporter Kristiani Pos

Posted: Aug. 23, 2010 06:08:12 WIB

Sebuah komunitas lintas agama di Kecamatan Banyumas, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, menyiapkan posko mudik Lebaran 2010 untuk membantu pemudik yang melintas di jalur utama Purwokerto-Yogyakarta.

"Kami bersama teman-teman lintas agama di Banyumas berencana membuka posko mudik Lebaran di dekat Alun-alun Kota Lama Banyumas pada 5-16 September," ujar koordinator posko, Sobitananda, di Banyumas, Sabtu (21/8/2010).

Menurut dia, ide pembentukan posko tersebut berawal dari pembicaraan sejumlah tokoh lintas agama pada tiga hari menjelang Ramadhan yang akhirnya mendapat dukungan dari sejumlah masjid, 10 gereja, dan Kelenteng Boen Tek Bio di Banyumas.

Bahkan rencana pembentukan posko tersebut, kata dia, juga mendapat dukungan dari Pemuda Panca Marga dan Satuan Tugas Komunikasi Radio Antar-Penduduk Indonesia (RAPI) Banyumas serta menjalin kerja sama dengan Rumah Sakit Umum Daerah Banyumas.

"Sebagai dewan pelindung dalam pembentukan posko tersebut, yakni Ketua Takmir Masjid Nur Sulaiman Banyumas Kiai Haji Ilyas," katanya.

Ia mengatakan, posko yang disiapkan komunitas lintas agama ini akan memberikan pelayanan kesehatan, keamanan, dan penunjuk arah.

"Kami juga akan membagikan peta kepada para pemudik serta membantu pelayanan servis kendaraan karena posko ini juga didukung sejumlah bengkel di Banyumas," ucapnya.

Posko yang baru pertama kali dibuka oleh komunitas lintas agama di Banyumas ini, pembukaannya akan diawali dengan kegiatan buka puasa bersama para pendukung kegiatan pada 5 September.

Next Story : SBY Kirim Utusan ke Bekasi Selesaikan Kasus

More news in society

Mahfud MD: Perda Agama Tertentu Bisa Picu Disintegrasi Bangsa

Banyaknya Peraturan Daerah yang memberlakukan hukum agama tertentu dinilai sangat berbahaya. Hal itu dinilai Ketua MK akan memecah belah bangsa dan mengganggu integritas bangsa. ...

Terpopuler

Headlines Hari ini