Hot Topics » Pakistan Swat valley Sri Lanka conflict Abortion Barack Obama India Lausanne Movement

Gunung Sinabung Meletus Warga Mengungsi, Pendeta Jaga Kampung

Steven Pramono
Reporter Kristiani Pos

Posted: Aug. 30, 2010 12:59:29 WIB
gunung-sinabung-meletus-warga-mengungsi-pendeta-jaga-kampung

Warga panik akibat letusan Gunung Sinabung dan berbondong-bondong mengungsi mengki menembus hujan abu, Minggu (29/8/2010). Tampak wajah pengendara sepeda motor itu terkena abu selama perjalanan menjauh dari gunung. (Foto: Dedy Sinuhaji/Tribun Medan)

Setelah Gunung Sinabung di Kabupaten Tanah Karo, Minggu (29/8/2010), meletus sejumlah perkampungan di sekeliling gunung tersebut sepi. Seluruh warga memilih mengungsi menyelamatkan diri.

Di Desa Bekrah, Kecamatan Namntran, misalnya, 90 Kepala Keluarga meninggalkan rumah miliknya. Tak seorang warga pun tersisa kecuali Naik Sembiring (37), Kepala Desa Bekrah.

Menurutnya, letusan tersebut membuat warga panik dan terpaksa mengungsi. Bahkan istri dan dua anaknya pun ikut mengungsi ke Kaban Jahe. "Istri dan anak saya juga pergi," katanya kepada Tribun Medan.

Pendeta GPDI itu mengatakan, dirinya terpaksa tinggal di kampung sebab keamanan rumah warga jadi tanggung jawabnya. "Mau apa lagi, yang penting keluarga saya selamat," katanya.

Dia mengatakan, berdasarkan sejarah dari leluhur mereka, Gunung Sinabung diperkirakan terakhir meletus pada tahun 1400. Selama ini, kata dia, tak ada aktivitas dari gunung tersebut. Karena itu, sampai letusan itu terjadi, mereka belum menaruh curiga sedikit pun.

Namun, tengah malam mereka dikejutkan dengan suara letusan dan semburan lava berapi. "Sejak pukul 21.00 WIB memang sudah ada getar-getarannya," kata dia.

Next Story : Vonis Terdakwa Penista Agama Ditunda

More news in society

Pemerintah - DPR Menyepakati UU Ormas Direvisi

Pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) sepakat UU No.8 Tahun 1985 tentang Organisasi Kemasyarakatan (ormas) direvisi. Kesepakatan ini meyusul marakinya tindak kekerasan yang dilakukan ormas tertentu. ...

Terpopuler

Headlines Hari ini