Hot Topics » Pakistan Swat valley Sri Lanka conflict Abortion Barack Obama India Lausanne Movement

Dewan Gereja Dunia akan Memilih Pemimpin Baru

Ethan Cole
Koresponden Kristiani Pos

Posted: Aug. 27, 2009 06:38:10 WIB
Dewan-Gereja-Dunia-akan-Memilih-Pemimpin-Baru

(ki-ka) Pdt Dr Samuel Kobia, sekretaris jenderal Dewan Gereja-gereja Dunia; Pendeta Dr Walter Altmann, moderator rapat Komite Pusat WCC dan Metropolitan Dr. Gennadios of Sassima, wakil-moderator di Pertemuan Komite Pusat 2009 pada Rabu, Agustus 26, 2009 di Jenewa. (Foto: WCC/Peter Williams)

Dewan-Gereja-Dunia-akan-Memilih-Pemimpin-Baru

Anggota Dewan Gereja Dunia dalam sesi Komite Sentral di Jenewa pada Rabu, Agustus 26, 2009. (Foto: WCC/Peter Williams)

Tubuh gereja ekumenis terbesar di dunia akan memilih sekretaris jenderal yang baru pada minggu depan dalam pertemuan Komite Pusat yang dibuka di Jenewa hari Rabu.

Berfungsi sebagai pengambilan keputusan utama tubuh Dewan Gereja-gereja Dunia (WCC) di antara majelis-majelis, Komite Pusat akan bertemu dari 26 Agustus-2 September untuk merencanakan Sidang WCC berikutnya dan untuk memutuskan siapa yang akan menjadi pemimpin selanjutnya.

Sekretaris jenderal saat ini, Pdt Dr Samuel Kobia, telah mengumumkan Februari lalu bahwa dia tidak akan mengejar masa jabatan kedua.

Bersaing untuk posisi adalah Pdt Dr Park Seong-won dari Gereja Presbiterian Korea dan Pdt Dr Olav Fykse Tveit dari Gereja Norwegia (Lutheran). Dr Park adalah seorang profesor Teologi di Universitas Teologi Youngnam di provinsi tenggara Kyeongsan, Korea Selatan. Sebelumnya ia menjabat sebagai sekretaris eksekutif Aliansi Gereja-gereja Reformasi untuk Departemen Kooperasi dan Saksi.

Park adalah salah satu anggota Komite Pusat WCC dan melayani di Komite Ekumenis Gereja Presbiterian Korea.

Sementara itu, Dr Tveit telah menjadi sekretaris jenderal Gereja Norwegia untuk Dewan Ekumenis dan Hubungan Internasional sejak tahun 2002. Dia adalah anggota Dewan Antariman Norwegia dan anggota dewan komisaris Bantuan Gereja Norwegia.

Tveit adalah salah satu anggota Komisi Iman dan Pleno Ketertiban WCC dan wakil ketua kelompok inti Forum Ekumenis Palestina Israel dari WCC .

Para kandidat dipilih oleh komite pencarian pada bulan Juni setelah proses lebih dari satu tahun.

Pdt Dr Walter Altmann, yang merupakan moderator pertemuan Komite Pusat, bertemu dengan peserta pada hari pembukaan Rabu dan berbicara mengenai peristiwa penting yang terjadi tahun ini dan kemudian mengaitkannya dengan tantangan-tantangan yang dihadapi oleh organisasi itu saat ini.

Dia kemudian menyatakan tiga keputusan yang harus dibuat pada pertemuan itu yang akan bermakna "sangat penting bagi kelanjutan WCC": pemilihan sekretaris jenderal baru; lokasi untuk Sidang WCC berikutnya, yang akan diadakan pada tahun 2013, dan arah-arah yang terkait denganlaporan kelompok kerja tentang tata pemerintahan, akuntabilitas, dan kebijakan staf.

Altmann adalah presiden dari Gereja Injili Pengakuan Lutheran di Brazil dan telah menjabat sebagai moderator Komite Pusat WCC sejak 2006.

WCC adalah persekutuan ekumenis yang terdiri dari 349 gereja Protestan, Ortodoks, Anglikan dan gereja-gereja lain yang mewakili lebih dari 560 juta orang Kristen di lebih dari 110 negara.

Next Story : Vatikan Mengajak Umat Muslim Perangi Kemiskinan Bersama

More news in church

Gugatan HKBP Bandung Riau Dikabulkan Pengadilan

PN Bandung kabulkan gugatan perdata jemaat Huria Kristen Batak Protestan Resor Bandung Riau atas tiga pendeta yaitu pimpinan HKBP Bandung Riau Martadinata Pdt Lundu HM Simanjuntak, pimpinan HKBP Distrik XVIII Jabar-Jateng-DIY Pdt Janter Tampubolon, ...

Terpopuler

Headlines Hari ini