Hot Topics » Pakistan Swat valley Sri Lanka conflict Abortion Barack Obama India Lausanne Movement

Akibat Penganiayaan, 100 Ribu Umat Kristen Mesir Emigrasi

Katherine Weber
Kontributor Kristiani Pos

Posted: Sep. 30, 2011 16:45:48 WIB
akibat-penganiayaan-100-ribu-umat-kristen-mesir-emigrasi

(Photo: Perempuan Kristen Koptik mengucapkan slogan-slogan pro-Kristen selama pemakaman korban bentrokan antara Muslim dan Kristen di Kairo, 8 Mei 2011. Reuters / Asmaa Waguih)

Peningkatan ketegangan antara umat Islam dan Kristen telah mengakibatkan emigrasi dari 100.000 umat Kristen dari Mesir sejak Maret 2011, dimana banyak komentator mengatakan bahwa hal itu akan mempengaruhi keragaman demografi dan stabilitas ekonomi Mesir.

Laporan tersebut mendokumentasikan emigrasi yang disusun oleh Uni Organisasi Hak Asasi Manusia Mesir, berpendapat bahwa masalah utama konflik adalah antara sekte Muslim Mesir yaitu Salafi, dan sekte Kristen Mesir adalah Koptik.

Umat Kristen juga melarikan diri ke daerah lain di Timur Tengah, termasuk Irak dan Palestina. Populasi umat Kristen Lebanon telah turun dari 75 persen menjadi 32 persen.

Kritikus berpendapat bahwa emigrasi besar seperti itu dalam jumlah besar karena pemberontakan Musim Semi Arab dimulai pada bulan Desember 2010. Protes ini membuat negara-negara mayoritas Islam semakin percaya diri.

Hubungan umat Islam dan Kristen selalu bergesek. Politikus berpendapat bahwa karena dunia Islam mencapai kekuasaan politik begitu besar dalam pemberontakan itu, maka mereka sekarang lebih percaya diri untuk mengusir agama yang mereka anggap sebagai penyerbu asing di negeri mayoritas muslim.

Juga, banyak Salafi yang aktif dalam pemberontakan itu sekarang memegang jabatan politik yang kuat.

Menurut Direktur EUHRO, Naguib Gabriel, Koptik tidak meninggalkan area secara sukarela, tapi agak dipaksa keluar dengan taktik agresif Salafi.

Dalam laporan yang dikirim kepada Kabinet Mesir dan Dewan Tertinggi Angkatan Bersenjata, EUHRO berpendapat bahwa, "Koptik merupakan pilar kuat dalam perekonomian. Koptik yang meninggalkan tanah air mereka tidak didesak karena mereka butuh bekerja, atau karena mereka berasal dari kelas profesional dan bisnis, tapi takut akan garis keras Salafi."

Paksaan lain yang membuat umat Kristen keluar dari negara-negara Timur Tengah adalah ketakutan yang ditanamkan oleh Salafistas. Menurut siaran pers EUHRO, ada beberapa serangan sejak Januari Musim Semi yang telah memberikan kontribusi besar terhadap emigrasi.

Serangan terakhir termasuk pembunuhan sembilan orang Kristen di perbukitan Mokatam pada awal September, pemboman gereja Koptik di Alexandria pada Tahun Baru, dan memotong telinga seorang Koptik tua di Qena.

Koptik telah menyatakan akan ketidakadilan, perlakuan keras. Pada bulan Mei, Koptik berkumpul di Martin Place, berteriak "sudah cukup," terhadap kekerasan pemberontak.

Banyak atribut Koptik saat terjadi masa turunnya Presiden Hosni Mubarak sebagai alasan bahwa intoleransi Kristen telah meningkat.

Daerah pemukiman baru yang dominan adalah Amerika Serikat, dimana mayoritas orang Amerika adalah Kristen dan presiden sendiri adalah seorang Kristen. California saja telah menemukan 160.000 Koptik tinggal di sana sejak Maret.

Next Story : Mesir Keluarkan Keputusan Melarang Diskriminasi

More news in dunia

Pembangunan Gereja di Cirebon Diprotes Warga

Ratusan warga di Kelurahan/Kecamatan Pekalipan, Kota Cirebon, menolak pembangunan Gereja Bethel Indonesia (GBI) Pekiringan dan kegiatan kebaktian yang dilaksanakan jemaat di gereja tersebut, Minggu.

Terpopuler

Headlines Hari ini