Hot Topics » Pakistan Swat valley Sri Lanka conflict Abortion Barack Obama India Lausanne Movement

Komnas HAM Investigasi Kasus Temanggung

Steven Pramono
Koresponden Kristiani Pos

Posted: Mar. 04, 2011 13:10:52 WIB

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia mengirimkan tim investigasi kasus kerusuhan Temanggung 8 Februari 2011 pasca sidang penodaan agama di Pengadilan Negeri setempat. "Kami ke sini dalam rangka melakukan pemantauan dan penyelidikan terkait kerusuhan yang terjadi di Temanggung pada 8 Februari lalu," kata Komisioner Subkomisi Pemantauan dan Penyelidikan Komnas HAM, Kabul Supriyadhie di Temanggung, Jumat, menurut Antara.

Ia melakukan pertemuan tertutup dengan Bupati Temanggung Hasyim Afandi beserta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kabupaten Temanggung. Sebelumnya, massa melakukan tindakan anarkis karena tidak puas terhadap hasil sidang penistaan agama dengan terdakwa Antonius Richmond Bawengan yang divonis lima tahun penjara, sehingga mengakibatkan Gereja Santo Paulus dan Petrus, Gereja Pantekosta, dan Sekolah Kristen Shekinah rusak parah.

"Kami sedang mengumpulkan data, fakta, dan informasi terkait dengan peristiwa tersebut," kata Kabul. Menurutnya, bagaimana peran yang dilakukan pemkab untuk mengantisipasi terkait dengan proses yang terjadi di Pengadilan Negeri Temanggung yang sedang mengadili tindak penodaan agama.

Selain bertemu dengan Bupati Temanggung, tim Komnas HAM juga bertemu dengan korban, dalam hal ini pihak gereja dan sekolah, kemudian Kapolres Temanggung, dan Pengadilan Negeri Temanggung.

"Untuk keluarga tersangka kerusuhan, sementara kami bukan menangani hal itu. Artinya proses itu sudah dilakukan pihak kepolisian, kejaksaan dan pengadilan yang sekarang diselesaikan di Polda Jateng," kata dia. Menyinggung tentang evaluasi penanganan kasus kerusuhan tersebut, dia belum bisa memberikan informasi.

Next Story : Mesir Keluarkan Keputusan Melarang Diskriminasi

More news in masyarakat

Pembangunan Gereja di Cirebon Diprotes Warga

Ratusan warga di Kelurahan/Kecamatan Pekalipan, Kota Cirebon, menolak pembangunan Gereja Bethel Indonesia (GBI) Pekiringan dan kegiatan kebaktian yang dilaksanakan jemaat di gereja tersebut, Minggu.

Terpopuler

Headlines Hari ini