Hot Topics » Pakistan Swat valley Sri Lanka conflict Abortion Barack Obama India Lausanne Movement

Pasokan Listrik dan Air Untuk Mahasiswa SETIA Diputus

Maria F.
Reporter Kristiani Pos

Posted: Nov. 03, 2009 16:00:30 WIB
pasokan-listrik-dan-air-untuk-mahasiswa-setia-diputus

Sebuah alat berat tengah meratakan gedung di blok 1&2 di eks Kantor Walikota Jakarta Barat, (29/10/2009). (Foto: Kristiani Pos)

pasokan-listrik-dan-air-untuk-mahasiswa-setia-diputus

Mahasiswa SETIA tengah mengangkut air dari lantai dasar ke lantai 3 karena minimnya air bersih di eks Kantor Walikota Jakarta Barat (29/10). (Foto: Kristiani Pos)

pasokan-listrik-dan-air-untuk-mahasiswa-setia-diputus

Tampak dari gerbang depan sebuah alat berat meratakan bangunan di blok 1&2 di eks Kantor Wlikota Jakarta Barat. (29/10/2009). (Foto: Kristiani Pos)

JAKARTA – Terhitung delapan hari telah berlalu sejak Senin (26/10), pasokan listrik dan air telah diputus seiring dengan eksekusi eks Kantor Walikota Jakarta Barat yang dilakukan oleh Pengadilan Negeri Jakarta Barat.

Sebanyak 492 mahasiswi Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar (SETIA) yang masih berada di penampungan bekas Kantor Wali Kota Jakarta Barat mengalami kesulitan air dan harus mengambil air dari bawah ke lantai atas dengan menggunakan ember secara bergantian.

Untuk mendapatkan air bersih, mereka bahkan harus membelinya setiap hari yang mana pembelian air perharinya menghabiskan biaya Rp 1,3 juta,” ujar kepala asrama Setia, Yulius Thomas Bilo, Jumat (30/10).

Tampak mahasiswa secara bergilir naik turun dari lantai 1 ke lantai 3 dengan membawa ember berisis air untuk keperluan mandi, cuci, dan kakus yang dikirim dengan truk tangki. Pengiriman air dilakukan pada pagi dan sore hari.

Mereka menggunakan ember bekas cat dan jeriken bekas untuk mengangkut air dari belakang gedung blok III. Mereka mandi di kamar mandi yang tersebar di lantai I hingga lantai V di gedung tersebut.

Dari dalam kamar mandi yang kondisinya sudah rusak, tercium bau menyengat. Kondisi serupa terlihat di blok IV dan V yang dihuni para mahasiswa Setia.

Salah seorang mahasiswi asal Mamasa ketika ditanya oleh Kristiani Pos mengatakan dirinya hanya pasrah dan berusaha bertahan di tempat itu. “terserah dosen dan pihak kampus saja,” ujarnya.

Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo dalam acara pengucuran Dana Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Kelurahan di Kampung Duri, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat, mengatakan, pemerintah sudah menyiapkan solusi bagi mahasiswa Setia.

”Kami mengupayakan solusi jangka pendek dan jangka panjang. Upaya paling memungkinkan adalah memindahkan mereka ke Wisma Transito Transmigrasi di Tanjung Priok,” kata Fauzi seperti dilansir Kompas.

Fauzi menegaskan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tidak akan membiarkan warga, termasuk mahasiswa Setia, telantar di Jakarta. Namun, Fauzi mengatakan tidak akan mengizinkan mereka kembali ke kampus lama di Kampung Pulo.

Next Story : Pemerintah Bekasi Menyegel Gereja HKBP

Terpopuler

Headlines Hari ini