Hot Topics » Pakistan Swat valley Sri Lanka conflict Abortion Barack Obama India Lausanne Movement

NTT Akan Gelar Misa Arwah untuk Frans Seda dan Gus Dur

Steven Pramono
Reporter Kristiani Pos

Posted: Jan. 01, 2010 17:24:09 WIB
ntt-akan-gelar-misa-arwah-untuk-frans-seda-dan-gus-dur

Uskup (emeritus) Atambua Mgr. Anton Pain Ratu SVD bersalaman dengan Gubernur NTT Frans Lebu Raya. (Foto: Kompas.com)

KUPANG,(NTT) - Masyarakat dan Pemprov Nusa Tenggara Timur (NTT) akan menggelar misa arwah untuk Frans Seda dan KH. Abdurrahchman Wahid atau yang kerap disapa Gus Dur.

Misa digelar untuk menghormati Kedua tokoh bangsa yang memiliki peran sangat besar dalam arus perubahan dan perkembangan bangsa Indonesia selama hidup mereka.

Gubernur NTT, Frans Lebu Raya, dalam keterangan pers-nya, di Kupang, Kamis (31/12/2009), mengatakan, Frans Seda telah memberi inspirasi kepada generasi muda NTT untuk berkecimpung di bidang politik, ekonomi, sosial, budaya dan persatuan/kesatuan bangsa.

"Peran Frans Seda pun sangat strategis dalam pembangunan bangsa ini, sejak awal kemerdekaan sampai akhir hidupnya. Beliau memiliki pengalaman luar biasa dalam pergerakan bangsa ini periode demi periode, yang tidak dimiliki generasi lain NTT," kata Lebu Raya, seperti dikutip Kompas.com.

Sedangkan peranan Gus Dur dalam bangsa ini menurutnya sangat strategis. Gus Dur adalah tokoh nasional yang selalu memberi perlindungan dan pembelaan kepada kelompok minoritas. Gus Dur melahirkan gagasan gagasan brilian mengenai hak asasi manusia, demokrasi, dan pluralisme.

lebih lanjut dikatakannya, almahrum bahkan sering dimusuhi karena sikapnya yang moderat, demokratis, dan penghormatan terhadap hak asasi manusia. Masyarakat NTT tidak dapat berbuat banyak atas kepergian kedua tokoh nasional ini. Hanya doa dan terimakasih yang bisa disampaikan melalui misa arwah, yang rencananya akan digelar pada tanggal 5 atau 6 Januari 2010.

Misa arwah digelar untuk mendoakan arwah kedua tokoh ini agar diterima di sisi Tuhan yang Maha Kuasa. Semoga amal bakti dan perjuangan mereka selama didunia mendapat ganjaran keselamatan dari Tuhan.

Next Story : Paus Kirimkan Doa Belasungkawa untuk Gus Dur

Terpopuler

Headlines Hari ini