Hot Topics » Pakistan Swat valley Sri Lanka conflict Abortion Barack Obama India Lausanne Movement

Amankan Natal, Polri Kerahkan 79.154 Personel dan Sterilkan Seluruh Gereja

Steven Pramono
Reporter Kristiani Pos

Posted: Dec. 22, 2009 10:08:17 WIB

JAKARTA – Menyambut Natal 2009 dan Tahun Baru 2010 Mabes Polri menyiagakan 79.154 personel kepolisian dan mensterilkan seluruh gereja di Indonesia.

Sebanyak 79.154 personel kepolisian itu disiapkan dalam Operasi Lilin selama 10 hari yang akan digelar mulai 24 Desember 2009 pukul 00.00 WIB hingga 2 Januari 2010 di seluruh Indonesia.

"Kita akan siagakan 79.154 personel yang di antaranya 560 personel dari Mabes Polri sebagai satgas cadangan operasi," ujar Wakadiv Humas Mabes Polri Brigjen Sulistyo Ishak di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Selasa (22/12/2009) seperti dikutip Detik.com.

Dari 560 personel, lanjutnya, disiapkan 300 personel kekuatan Brimob. Sisanya, digunakan untuk personel polisi udara dan polisi air.

Operasi Lilin ini, menurut Sulistyo bertujuan untuk menjamin keamanan dan kenyamanan masyarakat dalam memperingati Hari Natal dan Tahun Baru.

lebih lanjut Sulistyo menguraikan, sasaran operasi ada tiga yakni mengamankan tempat seperti gereja, pusat perbelanjaan, pemukiman yang ditinggalkan penghuni, terminal, stasiun, bandara, pelabuhan dan lain-lain.

Kedua, untuk mengamankan warga masyarakat yang merayakan Natal dan Tahun Baru, masyarakat yang berbelanja dan masyarakat yang berekreasi. Ketiga, mengamankan kegiatan ibadah perayaan Natal, kegiatan perayaan Tahun Baru dan kegiatan rekreasi.

Demi mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan, khususnya pada saat malam Natal, polisi juga akan mensterilkan gereja-gereja di seluruh Indonesia.

"Gereja-gereja akan disterilisasi dengan seizin otoritas gereja setempat," ungkap Sulistyo.

Selain melakukan sterilisasi, polisi juga akan melakukan upaya preventif dan pencegahan dini atas kemungkinan adanya hal yang tidak diinginkan.

Next Story : Paus Kirimkan Doa Belasungkawa untuk Gus Dur

Terpopuler

Headlines Hari ini