Hot Topics » Pakistan Swat valley Sri Lanka conflict Abortion Barack Obama India Lausanne Movement

Polda DIY Gelar Operasi Lilin Progo

Steven Pramono
Reporter Kristiani Pos

Posted: Dec. 18, 2009 16:47:07 WIB
polda-diy-gelar-operasi-lilin-progo

Ilustrasi.

YOGYAKARTA - Kepolisian Daerah (Polda) Daerah Istimewa Yogyakarta akan menggelar Operasi Lilin Progo 2009 untuk pengamanan Natal 2009 dan Tahun Baru 2010.

Operasi Lilin Progo 2009 ini resmi akan digelar pada tanggal 24 Desember 2009 hingga 2 Januari 2010 dengan menerjunkan 2.700 personel kepolisian.

"Khusus untuk perayaan Natal, personel yang kita terjunkan sudah akan melakukan pengamanan pada tanggal 24 Desember di gereja-gereja yang akan digunakan untuk perayaan Natal di wilayah Polda DIY," ujar Kepala Humas Polda DIY AKBP Anny Pudjiastuti, Kamis (17/12/2009) seperti dilansir Kompas.com.

Lebih lanjut Anni menjelaskan, "Khusus untuk perayaan Natal, personel yang kita terjunkan sudah akan melakukan pengamanan pada tanggal 24 Desember di gereja-gereja yang akan digunakan untuk perayaan Natal di wilayah Polda DIY.”

Untuk pengamanan di tempat ibadah saat perayaan Natal, ujar Anny, petugas nantinya ada yang menggunakan seragam resmi maupun yang berpakaian sipil. Pada daerah ring satu, petugas akan menggunakan pakaian sipil, sedangkan di daerah ring dua maka petugas akan menggunakan pakaian resmi atau berseragam polisi.

"Jika sewaktu-waktu panitia gereja meminta dilakukan sweeping di lokasi gereja agar steril dari hal-hal yang tidak diinginkan maka kita siap untuk melaksanakannya," tukasnya.

Sedangkan untuk pengamanan Tahun Baru, petugas keamanan akan dikonsentrasikan di daerah-daerah wisata atau jalur menuju objek wisata, termasuk perhotelan yang ada di DIY.

"Kita ingin memberikan rasa aman kepada para warga yang ingin merayakan tahun baru. Begitupula pengamanan pada jalur jalan wisata agar lalu-lintas tetap lancar dan menekan sekecil mungkin terjadinya kecelakaan," tandasnya.

selain tempat ibadah dan objek wisata, pengamana juga dilakukan di pusat-pusat perbelanjaan dan objek-objek vital milik pemerintah.

"Dan jangan lupa kita juga masih mengantisipasi adanya tindak terorisme karena bisa saja itu terjadi meski gembong teroris Noordin M Top sudah tewas tertembak oleh Densus 88," tegas Anny.

Next Story : Paus Kirimkan Doa Belasungkawa untuk Gus Dur

Terpopuler

Headlines Hari ini