Hot Topics » Pakistan Swat valley Sri Lanka conflict Abortion Barack Obama India Lausanne Movement

Kepolisian Manado Kerahkan Seluruh Pasukan untuk Amankan Natal dan Tahun Baru

Rosa H.
Reporter Kristiani Pos

Posted: Dec. 18, 2009 16:58:16 WIB

MANADO — Untuk mengamankan perayaan Natal 2009 dan Tahun Baru 2010, Kepolisian Kota Besar Manado atau Poltabes Manado kerahkan seluruh pasukannya.

"Untuk mengamankan jalannya ibadah Natal dan Tahun Baru, Poltabes Manado di-back up Tentara Nasional Indonesia serta Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat," kata Kepala Poltabes Manado Komisaris Besar Aridan J Roeroe di Manado, Senin.

Kombes Roeroe mengatakan bahwa, saat perayaan hari raya di Manado, masyarakat seringkali berperilaku yang kurang baik dan kontra-produktif, seperti misalnya main petasan dalam jumlah besar dan membahayakan orang. Hal tersebut dilarang karena bisa menyebabkan masalah.

Lebih lanjut Roeroe menjelaskan, perilaku kontra-produktif juga terlihat dari perilaku suka mengonsumsi minuman keras sehingga menyebabkan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Karena itu, ia mengimbau warga Manado untuk menjaga sikap.

Selain mengerahkan seluruh pasukan, polisi juga akan bekerjasama dengan masyarakat untuk ikut serta menjaga keamanan agar situasi tetap aman, kondusif, dan tak menimbulkan gejolak dalam bentuk apa pun.

Berbagai upaya antisipasi juga telah dilakukan pihak kepolisian untuk mengurangi dampak buruk dari sikap masyarakat yang kontraproduktif, diantaranya dengan melakukan operasi di seluruh wilayah Kota Manado, mulai dari Bunaken sampai Malalayang.

"Kami melakukan operasi miras untuk mencegah munculnya masalah baru karena biasanya seseorang akan bertindak di luar kewajaran jika sudah dikuasai alkohol. Jadi, kami melakukan langkah antisipasi," tukas Aridan Roeroe, seperti dikutip Kompas.com.

Operasi tersebut dilakukan setiap hari sehingga bisa meminimilkan semua kemungkinan buruk dan membuat Manado aman saat perayaan Natal dan Tahun baru. Pihak kepolisian juga mengimbau warga kota untuk ikut menjaga keamanan dengan tidak menyiapkan atau menyuguhkan miras.

Next Story : Paus Kirimkan Doa Belasungkawa untuk Gus Dur

Terpopuler

Headlines Hari ini