Hot Topics » Pakistan Swat valley Sri Lanka conflict Abortion Barack Obama India Lausanne Movement

Studi: Hampir 1 dari 4 Orang adalah Muslim

Joshua A. Goldberg
Koresponden Kristiani Pos

Posted: Oct. 12, 2009 11:27:45 WIB
Studi-Hampir-1-dari-4-Orang-adalah-Muslim

Ribuan umat Islam India beribadah saat Idul Fitri di Masjid Jama New Delhi, India, Senin, September 21, 2009. (Foto: AP Images / Kevin Frayer)

Hampir satu dari setiap empat orang di dunia saat ini adalah umat Muslim, menurut sebuah studi demografi komprehensif di lebih dari 200 negara.

Meski perkiraan populasi Muslim sedunia berbeda-beda di masa lalu, dari satu miliar sampai 1,8 miliar, penelitian baru Pew Research Center Forum mengenai Religion & Public Life menjawab ketidakpastian, dan menghitung umat Muslim dari segala usia hidup di dunia saat ini berjumlah 1,57 miliar.

Penelitian ini juga mengungkapkan lebih jelas bagaimana distribusi umat Muslim di dunia, mencatat bahwa lebih dari 60 persen populasi Muslim global ada di Asia dan sekitar 20 persen di Timur Tengah dan Afrika Utara.

Tidak mengherankan, di Timur Tengah dan Afrika Utara ditemukan persentase tertinggi negara-negara yang mayoritasnya Muslim, dengan lebih dari setengah dari 20 negara dan teritori di wilayah itu memiliki populasi Mslim sekitar 95 persen atau lebih besar.

Tapi studi itu juga mengungkapkan bahwa minoritas populasi Muslim di dunia seringkali cukup besar. India misalnya, memiliki populasi Muslim terbesar ketiga di dunia. Cina memiliki lebih banyak Muslim dari Suriah, sementara Rusia adalah rumah bagi Muslim lebih besar dari Yordania dan Libya digabungkan.

Saat menghitung populasi Muslim menurut denominasi, studi Pew mengungkapkan sekitar 10-13 persen dari keseluruhan adalah Muslim Syiah dan 87-90 persen adalah Muslim Sunni. Pew Forum mencatat tidak seperti angka keseluruhan populasi Muslim, angka populasi Sunni dan Syiah kurang tepat karena data afiliasi sektarian jarang dikumpulkan, dan di banyak negara, tidak dikumpulkan sama sekali.

"Oleh karena itu, angka Sunni dan Syiah yang dilaporkan di sini adalah rentang yang luas dan harus diperlakukan sebagai perkiraan," kata Pew Forum.

Temuan baru mengenai populasi Muslim di dunia meletakkan pondasi untuk studi Pew Forum berikutnya, dijadwalkan rilis 2010, yang akan memperkirakan tingkat pertumbuhan diantara populasi muslim di seluruh dunia dan proyeksi populasi Muslim di masa depan.

The Pew Forum mengatakan mereka juga berencana untuk memulai studi serupa mengenai ke-Kristenan global pada tahun 2010.

Studi berikutnya adalah bagian dari upaya lebih besar - Global Agama Futures Project, yang bersama-sama didanai oleh The Pew Charitable Trusts dan John Templeton Foundation - bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang agama di seluruh dunia.

Next Story : Stop the Traffik & PBB Luncurkan Kampanye Kebebasan

Terpopuler

Headlines Hari ini