Hot Topics » Pakistan Swat valley Sri Lanka conflict Abortion Barack Obama India Lausanne Movement

100 Tahun Pembangunan Terakhir Gedung Katedral Bergaya Gothic di Dunia Selesai

Ethan Cole
Koresponden Kristiani Pos

Posted: Nov. 13, 2008 04:58:29 WIB

Setelah lebih dari 100 tahun, pembangunan Katedral St Yohanes Anglikan di Brisbane, Australia, akhirnya selesai, menurut laporan Gereja Anglikan, Selasa kemarin.

Katedral tersebut merupakan suatu proyek konstruktif terakhir di dunia yang dibangun dengan gaya abad pertengahan. Bangunan Katedral St Yohanes dilengkapi dengan tiang penyangga yang dilapisi dengan tembaga mulai dari menara tengah sampai ke menara teratas dengan ketingian sekitar 43 kaki dari permukaan.

“Hal tersebut secara praktis juga ingin menggambarkan tahapan akhir dari penyelesaian proyek yang berlangsung selama 102 tahun sejak dimulainya pembangunan dan 119 tahun setelah lebih dahulu didesain oleh John Pearson seorang Arsitek English Victorian gothic,” ujar Uskup Agung Brisbane, Dr Phillip Aspinall, dalam acara pemberkatan puncak menara katedral Selasa kemarin.

Pada puncak teratas menara diletakkan sebuah rumah untuk lonceng Katedral.

“Lebih dari 100.000 batu dipakai guna menyelesaikan proyek pembangunan konstruksi Katedral yang mana pengerjaannya dilakukan oleh ratusan orang dari berbagai lintas generasi,”tambahnya.

Katedral bergaya Gothic tersebut didesain pada 1889 dan pembangunannya baru dimulai setelah 17 tahun kemudian. Dalam pembangunannya dilakukan dalam tiga tahap yang mana pada tahap pertama dimulai pada 1906, dan tahap terakhir dilakukan pada 1989. Biaya yang dikeluarkan guna penyelesaian tahap terakhir sendiri menghabiskan dana sekitar $39,5 juta.

“Gedung Katedral yang indah dan sakral tersebut tidak akan ada artinya jika tanpa jemaat. Saya mengucapkan terima kasih banyak kepada semua orang yang telah mendukung proyek tersebut serta mempersilahkan kepada seluruh tamu pengunjung untuk berkunjung dan berbagi pengalaman mengenai St. Yohanes,”kata Aspinall.

Sebuah upacara peresmian guna menandai selesainya pembangunan Katedral St. Yohanes dijadwalkan akan berlangsung tahun depan bertepatan dengan berlangsungnya perayaan hari jadi Keuskupan anglikan yang ke-150.

Next Story : Pengadilan Tinggi Malaysia Akhirnya Ijinkan Penggunaan Kata "Allah"

More news in asia

Dewan Gereja Malaysia Mendesak Pelepasan Segera Alkitab yang Disita

Badan perwakilan Kristiani di Malaysia menyerukan untuk segera melepaskan lebih dari 15.000 Alkitab yang disita oleh pihak pemerintah tahun ini, yang mana penyitaan tersebut melanggar hak konstitusional mereka. ...

Terpopuler

Headlines Hari ini