Hot Topics » Pakistan Swat valley Sri Lanka conflict Abortion Barack Obama India Lausanne Movement

Cina Berikan Perintah Rahasia untuk Menyerang Gereja-gereja Rumah Besar

Ethan Cole
Koresponden Kristiani Pos

Posted: Aug. 27, 2009 07:29:13 WIB

Pemerintah Cina dilaporkan telah mengeluarkan perintah rahasia untuk menggerebek paling tidak sejumlah rumah gereja besar di Beijing, lapor sebuah kelompok dari Amerika Serikat, Selasa.

ChinaAid Association, yang berfokus pada kebebasan beragama dan gereja-gereja rumah di Cina, diberitahu oleh sumber-sumbernya bahwa biro keamanan publik telah memerintahkan Huajie Plaza di Beijing untuk mengakhiri kontrak sewa dengan rumah gereja Shouwang Beijing.

Rumah gereja Shouwang adalah salah satu gereja rumah terbesar di daerah itu dengan lebih dari 1.000 anggota. Selama beberapa tahun sampai saat ini, mereka menyewa dua lantai untuk kebaktian dan sekolah Minggu di Huajie Plaza. Sebagian besar anggotanya adalah intelek dari universitas terdekat.

Ini bukan pertama kalinya pihak berwenang menekan gereja itu. Mei lalu pihak berwenang menggerebek gereja dan di bulan April, pejabat pemerintah menutup paksa situs Gereja Shouwang.

Sejumlah laporan mengenai tekanan yang sama untuk mencegah pertemuan gereja di gereja-gereja rumah Beijing lain juga mencuat bulan ini, kata ChinaAid.

Pada pertengahan Agustus, pejabat pemerintah menghentikan pelayanan baptis sebuah rumah gereja di sebuah sungai di pinggiran kota Beijing. Sementara itu, sekolah pelatihan gereja rumah lain diserang dan kemudian dilarang oleh pihak berwenang.

Presiden ChinaAid Bob Fu meyakini intensifikasi penggerebekan yang terjadi baru-baru ini dilakukan untuk mempersiapkan ultah ke-60 Partai Komunis Cina.

"Perayaan ulang tahun Partai Komunis Cina yang ke-60 bukan alasan untuk menginjak-injak hak pertemuan damai warga negara sesuai dengan hak kebebasan beragama mereka," kata Fu. "ChinaAid mendesak pemerintah Cina untuk mencabut perintah rahasia, yang bertentangan dengan perjanjian-perjanjian internasional yang ditandatangani Partai Komunis Cina, mengakui pengaruh positif kemasyarakatan dari gereja-gereja rumah ini, dan memungkinkan gereja-gereja bertemu dengan bebas sepanjang periode ulang tahun."

Laporan media mengindikasi perayaan 1 Oktober itu akan semegah upacara Olimpiade, dan akan memamerkan diantaranya tampilan kekuatan dan kemakmuran dan limusin-limusin unik, menurut Los Angeles Times.

Next Story : Pengadilan Tinggi Malaysia Akhirnya Ijinkan Penggunaan Kata "Allah"

More news in asia

Dewan Gereja Malaysia Mendesak Pelepasan Segera Alkitab yang Disita

Badan perwakilan Kristiani di Malaysia menyerukan untuk segera melepaskan lebih dari 15.000 Alkitab yang disita oleh pihak pemerintah tahun ini, yang mana penyitaan tersebut melanggar hak konstitusional mereka. ...

Terpopuler

Headlines Hari ini