Hot Topics » Pakistan Swat valley Sri Lanka conflict Abortion Barack Obama India Lausanne Movement

Pemimpin Gereja Ortodoks Rusia Meninggal Dunia


Posted: Dec. 10, 2008 14:31:55 WIB
pemimpin-gereja-ortodoks-rusia-meninggal-dunia

Foto terakhir Alexiy II pada Oktober 2008. (AP)

Patriark Alexiy II, yang memimpin kebangkitan kembali Gereja Ortodoks Rusia, hari Jumat (5/12), meninggal dunia dalam usia 79 tahun. Juru bicara Gereja Ortodoks Rusia mengatakan, Alexiy II, yang memimpin gereja selama 18 tahun, meninggal di kediamannya di Peredelkino, luar kota Moskwa.

Gereja tidak mengungkapkan sebab kematian Alexiy. Kantor berita pemerintah Rusia, RIO Novosti, mengutip sumber-sumber Gereja, menyebutkan, dia meninggal karena serangan jantung.

Sebuah sinode gereja darurat akan segera berkumpul di Moskwa hari Sabtu untuk mengatur prosesi pemakaman yang diperkirakan diadakan hari Minggu. Sinode juga akan membicarakan siapa yang akan menggantikan Alexiy II.

Berdasarkan tradisi Gereja, sinode itu mempunyai waktu sampai enam bulan untuk memilih seorang patriark baru.

Perdana Menteri Rusia Vladimir Putin merupakan tokoh politik senior pertama yang mengomentari berita kematian Alexiy dengan menyebutnya sebuah ”kehilangan besar” bagi negara.

Ia banyak dipuji sebagai tokoh yang mengembalikan Gereja Ortodoks Rusia sebagai otoritas moral di Rusia, setelah berpuluh tahun ditekan oleh rejim komunis.

Namun hubungannya dengan Gereja Katolik Roma masih tetap dingin, dan dia berulang kali menolak bertemu dengan Paus Johanes Paulus II maupun penggantinya, Paus Benediktus.

Pada saat kematiannya, diperkirakan dua pertiga dari 142 juta penduduk Rusia adalah jemaatnya, sehingga disebut gereja Ortodoks terbesar di dunia.

Alexiy ditahbiskan pada 1950, the Orthodox hierarchy, and was consecrated Bishop of Tallinn and Estonia in 1961.

Alexiy menjadi Kepala Gereja Ortodoks ini di tahun 1990, tidak lama sebelum jatuhnya Uni Soviet.

Next Story : Pengadilan Tinggi Malaysia Akhirnya Ijinkan Penggunaan Kata "Allah"

More news in asia

Dewan Gereja Malaysia Mendesak Pelepasan Segera Alkitab yang Disita

Badan perwakilan Kristiani di Malaysia menyerukan untuk segera melepaskan lebih dari 15.000 Alkitab yang disita oleh pihak pemerintah tahun ini, yang mana penyitaan tersebut melanggar hak konstitusional mereka. ...

Terpopuler

Headlines Hari ini