Hot Topics » Pakistan Swat valley Sri Lanka conflict Abortion Barack Obama India Lausanne Movement

Federasi Lutheran Sedunia Pilih Uskup Palestina sebagai Presiden

Joshua A. Goldberg
Koresponden Kristiani Pos

Posted: Jul. 27, 2010 07:45:15 WIB
federasi-lutheran-sedunia-pilih-uskup-palestina-sebagai-presiden

Rev. Dr. Munib A. Younan. (Foto: LWF / Erick Coll)

Uskup Munib A. Younan dari Gereja Injili Lutheran Yordania dan Tanah Suci (Evangelical Lutheran Church of Jordan and the Holy Land/ELCJHL) terpilih sebagai presiden Federasi Lutheran Sedunia (Lutheran World Federation/LWF) oleh anggota legislatif tertinggi tubuh gereja tersebut.

Komuni terbesar gereja-gereja Lutheran ini memilih teolog kelahiran Yerusalem tersebut untuk memimpin mereka selama tujuh tahun mendatang di Sidang Umum Kesebelas LWF di Stuttgart, Jerman, 24 Juli 2010.

Sidang umum itu memilih pengganti Uskup Mark S. Hanson dari Gereja Injili Lutheran di America (Evangelical Lutheran Church in America), yang menjabat presiden LWF sejak sejak sidang terakhir organisasi itu di Winnipeg, Kanada, pada 2003.

Menurut LWF, Rt Rev. Dr Younan menerima 300 dari 360 pungutan suara.

Younan, mantan wakil presiden LWF, adalag presiden Persekutuan Gereja-Gereja Injili Timur Tengah dan juga melayani bersama tiga patriark Yerusalem dan sembilan uskup lainnya di Komite Kristiani Internasional di Yerusalem. Dia juga ikut mendirikan Dewan Institusi-institusi Religius di Tanah Suci, yang terdiri dari dua kepala rabi Israel, pemimpin-pemimpin gereja lokal, Hakim Ketua Mahkamah Islam di Palestina dan pemimpin-pemimpin Muslim lain.

Presiden terpilih itu mengepalai tubuh gerejanya sejak 1998 dan merupakan uskup Palestina ketiga di gereja yang didirikan Jerman di abad ke-19 itu dan sebelumnya dipimpin seorang imam dari Jerman.

Salah satu anggota LWF sejak 1974, ELCJHL memiliki sekitar 3000 anggota.

Next Story : Federasi Lutheran Sedunia Dorong Usaha "Satu Gereja"

Terpopuler

Headlines Hari ini