Hot Topics » Pakistan Swat valley Sri Lanka conflict Abortion Barack Obama India Lausanne Movement

Uskup Agung Apresiasi Perayaan Natal Berlangsung Damai

Rosa H.
Reporter Kristiani Pos

Posted: Dec. 26, 2009 07:40:25 WIB

JAKARTA - Tema Natal "Bertumbuh Menjadi Pembawa Damai", dinilai Uskup Agung Jakarta, Julius Kardinal Darmaatmadja tepat untuk melahirkan sikap dan perilaku yang baik kepada semua orang, apapun agama dan bangsanya.

Hal itu disampaikannya pada saat homili (khotbah) dalam Misa Natal di Gereja Katedral, Jakarta Pusat, Jumat (25/12/2009).

"Pesan Natal ini tak lain kecuali pesan sikap pluralis yang sedang kita bangun bersama. Masyarakat kita yang majemuk ini sudah memastikan mau membangun satu nusa, bangsa Indonesia berdasarkan prinsip Bhinneka Tunggal Ika dengan Pancasila sebagai roh dan semangat dasarnya," ungkapnya, seperti dikutip Kompas.com.

Dalam kesempatan yang sama, Uskup Agung Julius Kardinal Darmaatmadja menyampaikan apresiasinya atas perayaan Natal yang berlangsung damai. Uskup menilai hal itu berkat dukungan pengamanan dari pihak kepolisian dan masyarakat.

Uskup mengatakan, dukungan keamanan dalam perayaan hari besar keagamaan merupakan bagian bersikap baik pada sesama manusia. "Tapi, tentunya kita umat beragama sendiri merasa malu, termasuk kami sendiri, karena itu menunjukkan kami umat beragama yang berbeda belum mampu membangun persaudaraan sebagai umat Allah yang sama-sama dikasihi Allah yang baik kepada semua orang tanpa kecurigaan satu terhadap yang lain," ujar Julius Kardinal.

Di sela khotbahnya, Julius Kardinal juga sempat menyatakan apresiasi kecaman para pemuka agama atas perusakan terhadap Gereja St Albertus, Bekasi, pekan lalu.

Next Story : Lewat Natal Mengajak Manusia untuk Mencintai Alam dan Sesama

Terpopuler

Headlines Hari ini