Hot Topics » Pakistan Swat valley Sri Lanka conflict Abortion Barack Obama India Lausanne Movement

Jelang Misa Malam Natal, Tim Gegana Lakukan Penyisiran di Gereja Katedral

Steven Pramono
Reporter Kristiani Pos

Posted: Dec. 24, 2009 09:49:28 WIB
jelang-misa-malam-natal-tim-gegana-lakukan-penyisiran-di-gereja-katedral

Tim gegana sedang melakukan penyisiran di Gereja Katedral sebelum dimulainya misa. Altar gereja pun tidak luput dari pemeriksaan. Jakarta, Kamis (24/12/2009. (Foto: Kompas.com)

JAKARTA - Jelang misa malam Natal (24/12/2009), tim Gegana dari Mabes Polri melakukan penyisiran di Gereja Katedral, Jakarta Pusat.

Penyisiran mulai dilakukan sejak pukul 14.00 dan selesai pukul 15.00 WIB, sebelum misa malam Natal pada pukul 17.00 WIB.

Sebanyak 6 personil dikerahkan untuk melakukan penyisiran. Dari Mabes menginstruksikan kepada tiap Polres untuk menurunkan 10 unit, 1 unitnya 6 orang," ujar AKP Yudi, dari Gegana Polri, seperti dilansir Kompas.com.

Tempat penyisiran meliputi tempat-tempat yang memungkinkan untuk diletakkan bom. "Lemari, bawah kursi, bawah altar, bahkan di Alkitabpun kita periksa," tukas AKP Yudi.

Untuk mengamankan malan Natal, Gereja Katedral akan dijaga sebanyak 275 aparat keamanan. Mereka akan ditempatkan di luar kompleks gereja yang bersebelahan dengan Masjid Istiqal. "Untuk persiapan keamanan, dari gereja Katedral sendiri saat ini kita diperbantukan sekitar 275 aparat yang ditempatkan diluar pagar gereja Katedral. Ke 275 aparat keamanan itu merupakan gabungan dari Polres, Polsek, Brimob, dan Polda itu sendiri. Sementara untuk dihalaman gereja Katedral dan sekitarnya saja, kita dibantu oleh umat dan lebih disebut sebagai seksi keamanan saja," ucap Grace Tanus, Humas Gereja Katedral, Kamis (24/12/2009).

Grace berharap misa Natal yang akan berlangsung pada pk 17.00 WIB nanti diharapkan tidak terjadi halangan. Kepada umat Katolik yang akan menhadiri misa nanti, demi keamanan dan keamanan agar tidak membawa tas atau barang-barang yang berukuran besar, dan bisa datang sejam sebelum misa dimulai.

Rencananya Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo juga akan hadir melakukan kunjungan pada misa pukul 19.30 WIB. Kunjungan itu dalam rangka memberikan ucapan selamat merayakan Natal kepada seluruh warga DKI Jakarta.

Next Story : Lewat Natal Mengajak Manusia untuk Mencintai Alam dan Sesama

More news in church

Uskup Agung Apresiasi Perayaan Natal Berlangsung Damai

JAKARTA - Tema Natal "Bertumbuh Menjadi Pembawa Damai", dinilai Uskup Agung Jakarta, Julius Kardinal Darmaatmadja tepat untuk melahirkan sikap dan perilaku yang baik kepada semua orang, apapun agama dan bangsanya. ...

Terpopuler

Headlines Hari ini