Hot Topics » Pakistan Swat valley Sri Lanka conflict Abortion Barack Obama India Lausanne Movement

Jemaat HKBP & Massa Nyaris Bentrok

Steven Pramono
Reporter Kristiani Pos

Posted: Aug. 03, 2010 14:16:54 WIB
jemaat-hkbp-massa-nyaris-bentrok

(Foto: Reformata)

Bentrokan antara massa dari ormas Islam dan jemaat Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Pondok Timur Indah, Bekasi, hampir saja terjadi. Untungnya kepolisian dari Polres Bekasi bisa mencegah hal itu.

"Kita kerahkan sekitar 400 orang untuk melakukan penjagaan di sekitar lokasi tersebut. Sempat terjadi aksi dorong, tapi tidak ada korban akibat peristiwa itu," kata Kapolres Metro Bekasi Kombes Imam Sugianto kepada detikcom, Minggu (1/8/2010), kepada Detik News.

Imam menjelaskan, hampir setiap minggu terjadi aksi massa terhadap jemaat HKBP yang menggelar kebaktian di lahan kosong Kampung Ciketing Asem, Kecamatan Mustika Jaya, Kota Bekasi, itu. Aksi ini dipicu penolakan pendirian gereja di lokasi tersebut. Jemaat lantas beribadah di lahan kosong.

"Ini bukan yang pertama kalinya, setiap minggu seperti ini," katanya.

Imam meminta Pemkot Bekasi dan Kementerian Agama dapat menyelesaikan masalah tersebut sehingga tidak terjadi bentrokan yang lebih besar. "Kita minta Pemkot dan Kementerian Agama bisa menyelesaikannya sebelum ada korban akibat bentrokan," katanya.

Next Story : Satu Bulan Penentu Perdamaian Muslim, Yahudi, dan Kristen

Terpopuler

Headlines Hari ini