Hot Topics » Pakistan Swat valley Sri Lanka conflict Abortion Barack Obama India Lausanne Movement

Gereja Tunjukkan Toleransi dengan Gelar Buka Puasa

Steven Pramono
Reporter Kristiani Pos

Posted: Aug. 26, 2009 00:12:42 WIB

Sebuah bentuk toleransi beragama ditunjukkan Gereja Kristen Jawa (GKJ) di Manahan, Solo, Jawa Tengah. Di bulan puasa kali ini, setiap sore pengurus gereja selalu menggelar acara buka bersama murah bagi ratusan warga miskin di wilayah tersebut.

Setiap sore, puluhan ibu jemaat gereja terlihat sibuk mempersiapkan ratusan porsi makanan berupa nasi, lauk-pauk, dan teh hangat. Target mereka adalah warga miskin dari kalangan muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa, seperti diberitakan Liputan6.com.

Paket makanan yang disediakan tergolong sangat murah, yaitu hanya Rp 500 per porsi. Tak ayal kegiatan yang sudah dilakukan sejak 12 tahun ini mampu menarik minat warga miskin di wilayah tersebut. Meski murah, menu yang ditawarkan ternyata tidak bisa dibilang sederhana. Seperti soto ayam, timlo, opor ayam dan sebagainya. Menu ini disajikan secara bergantian setiap sore agar tidak membosankan.

Menurut Ketua Panitia Pelaksana, Erlin Anindito Handayani, kegiatan ini juga menjadi ajang pembelajaran bagi jemaat GKJ Manahan untuk menghormati dan mengembangkan persaudaraan umat beragama. Pada awal Ramadan, jumlah menu yang disediakan memang baru mencapai 300 porsi, namun mulai pertengahan Ramadan nanti akan ditingkatkan menjadi 500 porsi. Sebab, biasanya jumlah warga miskin yang berbuka puasa di gereja tersebut selalu bertambah.

Next Story : Lewat Natal Mengajak Manusia untuk Mencintai Alam dan Sesama

More news in church

Uskup Agung Apresiasi Perayaan Natal Berlangsung Damai

JAKARTA - Tema Natal "Bertumbuh Menjadi Pembawa Damai", dinilai Uskup Agung Jakarta, Julius Kardinal Darmaatmadja tepat untuk melahirkan sikap dan perilaku yang baik kepada semua orang, apapun agama dan bangsanya. ...

Terpopuler

Headlines Hari ini