Hot Topics » Pakistan Swat valley Sri Lanka conflict Abortion Barack Obama India Lausanne Movement

GMKI Maluku Tuntut Pengukuhan Maluku Menjadi Provinsi Kepulauan

Rosa H.
Reporter Kristiani Pos

Posted: Nov. 23, 2009 12:48:48 WIB

AMBON – Sekelompok mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Ambon, Provinsi Maluku menggelar demonstrasi menuntut realisasi pembentukan Provinsi Kepulauan, Senin (23/11).

Para mahasiswa melakukan orasinya di sejumlah titik di kota Ambon sebelum menyampaikan aspirasi ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Maluku. Mereka menuntut agar pemerintah pusat segera mengesahkan Undang-undang yang mengukuhkan Maluku dan enam provinsi lainnya dengan status provinsi kepulauan.

Selain itu mahasiswa juga meminta DPRD dan Pemerintah Provinsi Maluku dapat memanfaatkan kunjungan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk memperjuangkan kepentingan masyarakat Maluku.

"Yang kami inginkan adalah percepatan pembentukan provinsi kepulauan," ujar Johan Lesnusa, Ketua Pimpinan GMKI Cabang Ambon, seperti dikutip oleh Kompas.com.

Status provinsi kepulauan dinilai mampu mempercepat pembangunan Maluku. Laut adalah tulang punggung perekonomian provinsi yang luas wilayah lautnya mencapai 92 persen itu.

Dalam keterangannya Muzakir Assagaf, dari Fraksi PKS DPRD Maluku, menjelaskan bahwa dewan periode sebelumnya telah mendorong dan terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah. Disamping itu, dewan periode saat ini juga terus mendorong proses pembentukan Provinsi Kepulauan yang mana pertemuan terakhir telah dilaksanakan di Kupang.

"Ini bolanya ada di tangan Pemerintah pusat yang berwenang mengeluarkan aturan. Saat ini kami belum memperoleh keputusan pasti dari pemerintah pusat," ujar Muzakir.

Next Story : Polda Jabar Tempatkan Minimal 15 Polisi Untuk Jaga 1 Gereja

Terpopuler

Headlines Hari ini